Analisis Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT An-Nahl Kota Jambi

Fatmawati, Bening Tri (2023) Analisis Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT An-Nahl Kota Jambi. Analisis Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT An-Nahl Kota Jambi.

[img] Text
Skripsi Bening Tri Fatmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover..pdf

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUA dan PENGESAHAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1-4.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Bening Tri Fatmawati. 2023. Analisis Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT An-Nahl Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing : (1) Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si., (2) Masyunita Siregar, M.Pd. Kata Kunci : Analasis Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Peneliti menemukan fenomena mengenai kecerdasan visual spasial pada saat melakukan observasi awal di TK IT An-Nahl Kota Jambi dengan berjumlah 12 anak dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan yaitu di TK tersebut pada saat kegiatan pengamanan, anak-anak melakukan kegiatan menggambar bebas, dapat dilihat bahwa perkembangan kecerdasan visual spasial yang dimiliki oleh beberapa anak sudah berkembang secara optimal, terlihat dari kemampuan anak yang sudah mampu menggambar objek yang ada disekitarnya dan anak mampu memadukan warna untuk membuat gambar suatu objek yang sesuai dengan yang dilihat oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai hasil penelitian yang membahas tentang perkembangan kecerdasan visual spasial anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif.. Pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, hal ini didapati dari sebuah fenomena yang terjadi dilingkungan sekolah sehingga menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai hasil penelitian yang membahas tentang perkembangan kecerdasan visual spasial anak. Berdasarkan hasil penelitian dengan melakukan observasi dan wawancara dengan guru kelas kelompok B1 di TK IT An-Nahl Kota Jambi, maka dapat dilihat bahwa perkembangan kecerdasan visual spasial anak di kelompok B1 di TK IT An-Nahl kota jambi sudah berkembang dengan baik. Kecerdasan anak yang ditandai dengan kepekaan anak mempersepsi dunia visual spasial yakni kemampuan menangkap warna serta mampu memadukan warna-warna saat mewarnai, kesenangan mereka mencoret-coret, menggambar, berkhayal, membuat desain sederhana, kemampuan anak dalam memahami arah dan bentuk, dan kemampuan anak menciptakan suatu bentuk.

Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:12
Last Modified: 23 Aug 2023 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55089

Actions (login required)

View Item View Item