Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Tumbuhan di SMA Negeri 8 Kota Jambi.

Tunsa'diah, Halimah Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Tumbuhan di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Biologi.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)

Abstract

Abstrak. Pembelajaran yang menggunakan model inkuiri terbimbing merupakan pola pembelajaran kognitif yang menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang dapat membuat peserta didik belajar aktif menemukan pengetahuan sendiri. Berpikir Kritis dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir siswa yang diperoleh dari hasil pembelajaran yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Tumbuhan di SMAN 8 Kota Jambi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True-Experimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamtan tiap pertemuan menggunakan sampel penelitian yang diambil dengan cara simple random sampling sebanyak 2 kelas dari 8 kelas X IPA. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi berpikir kritis siswa. Data yang diperoleh dari instrumen lembar observasi guru dan siswa dianalisis menggunakan SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi pada pembelajaran Tumbuhan (Plantae), dengan nilai t hitung sebesar 2,964 > t tabel 2,042. Disarankan model pembelajaran inkuiri terbimbing memungkinkan untuk dimodifikasi dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menganalisis pengaruh tahap kemampuan berpikir kritis siswa terhadap pemahaman siswa pada materi lainnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HALIMAH TUNSA`DIAH
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:53
Last Modified: 25 Sep 2018 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5511

Actions (login required)

View Item View Item