Rizka, Suci Triama (2023) Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan di SMP Negeri 25 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Skripsi suci triama rizka-1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan, pengesahan, pernyataan.pdf Download (411kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asesmen diagnostik dalam pembelajaran menulis teks tanggapan di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Subjek penelitiannya ialah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII G. Penelitian ini difokuskan pada proses penerapan asesmen diagnostik dalam pembelajaran teks tanggapan. Jenis penelitiannya adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu data asesmen diagnostik kognitif berupa tes tertulis, dan asesmen diagnostik nonkognitif berupa gaya belajar siswa, serta wawancara bersama guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII terkait proses penerapan asesmen dalam pembelajaran teks tanggapan. Hasil penelitian ini menujukkan penerapan asesmen diagnostik kognitif dan nonkognitif, pada diagnostik kognitif siswa diminta melakukan tes mengenai teks tanggapan baik diawal dan diakhir pembelajaran dengan dua tingkat soal yang berbeda tahap pertama untuk melihat siswa dapat berhasil atau tidak melewati passing grade, jika tidak berhasil maka tahap berikutnya akan mendapat tingkat soal yang lebih tinggi. Kesimpulan penelitian dari penerapan asesmen diagnostik dalam pembelajaran pada materi teks tanggapan dikelas VII menunjukkan bahwa dalam penerapan asesmen diagnostik diterapkan dengan baik oleh guru, hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Hal tersebut terlihat pada proses pembelajaran, guru melakukan langkah-langkah asesmen sesuai dengan panduan dari kemendikbudristek No.56 tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kata Kunci : Asesmen diagnostik, teks tanggapan, kognitif, dan nonkognitif. This study aims to describe the diagnostic assessment in learning writing response texts at SMP Negeri 25 Jambi City. This research was conducted in junior high school Country 25 City of Jambi. The research subjects were Indonesian language teachers who taught at class VII G. This study focused on the process of implementing deep diagnostic assessments response text learning. This type of research is descriptive, with an approach qualitative. Data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Data The data obtained are cognitive diagnostic assessment data in the form of written tests and assessments non-cognitive diagnostics in the form of student learning styles, as well as interviews with language teachers Indonesia who teaches in class VII regarding the process of implementing internal assessment response text learning. The results of this study show the application of the assessment cognitive and non-cognitive diagnostics, on cognitive diagnostics students are asked to do tests regarding the response text both at the beginning and at the end of learning with two levels of questions The first stage is different to see whether students can succeed or not pass passing grade, if it is not successful then the next stage will get a higher question level tall. The conclusion of the research from the application of diagnostic assessment in learning at response text material in class VII shows that in the application of the assessment diagnostics are well implemented by teachers, it's just that there are still some deficiencies that need to be corrected. This can be seen in the learning process, teacher carry out the assessment steps in accordance with the guidelines from the Ministry of Education and Culture No. 56 of 2022 concerning Guidelines for Implementing Curriculum in the Context of Recovery Learning. Keywords : Diagnostic assessment, response text, cognitive and non-cognitive.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen diagnostik, teks tanggapan, kognitif, dan nonkognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIZKA |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 03:05 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 03:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |