Nisa, Khairun (2023) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Asertive untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Siswa SMAN 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK ACC.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_compressed.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (858kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan fenomena di lapangan yang dilakukan oleh peneliti di SMA N 10 Kota Jambi terdapat beberapa siswa yang mengalami kecemasan berkomunikasi. Gelaja yang dapat dilihat secara langsung yaitu siswa gugup dalam berpendapat, tidak percaya diri, dan malu. Faktor kecemasan berkomunikasi yaitu karena takut salah dan tidak percaya diri, serta takut ditertawakan oleh siswa lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertive untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa. Adapun manfaat penelitian ini secara teoritis yaitu bisa digunakan sebagai pengembangan pustaka ilmu pengetahuan khususnya bimbingan dan konseling, sedangkan secara praktis dibagi menjadi 3 yaitu untuk guru BK, siswa, dan bagi peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Layanan (PTL) dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertive. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana dalam satu siklus dilakukan sebanyak 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Untuk melihat proses dari setiap siklus yaitu adanya lembaran angket yang diisi oleh siswa serta lembaran observasi yang diisi oleh kolabolator. Berdasarkan hasil yang didapatkan setelah pelaksanaan siklus I pertemuan I yaitu 79%, kemudian siklus I pertemuan II 72%, pada siklus II pertemuan I 61%, siklus II pertemuan II 59%, dilanjutkan pada siklus III pertemuan I 55%, pada siklus III pertemuan II berkurang menjadi 35%. Terdapat penurunan kecemasan berkomunikasi setiap siklus sehingga teknik asertive dengan layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa. The background of this research is based on phenomena in the field carried out by researchers at SMA N 10, Jambi City, there are several students who experience communication anxiety. Symptoms that can be seen directly are students who are nervous in their opinions, not confident, and embarrassed. The communication anxiety factor is because of the fear of being wrong and not confident, and the fear of being laughed at by other students. This study aims to find out how the application of group counseling services with assertive techniques to reduce students' communication anxiety. The benefits of this research theoretically are that it can be used as the development of scientific literature, especially guidance and counseling, while practically it is divided into 3 namely for counseling teachers, students, and for researchers. This type of research is Service Action Research (PTL) in group guidance services with assertive techniques. This research was carried out in 3 cycles, where in one cycle there were 2 meetings and each cycle consisted of planning, implementing, evaluating, and reflecting. To see the process of each cycle, there are questionnaire sheets filled in by students and observation sheets filled out by collaborators. Based on the results obtained after the implementation of cycle I meeting I was 79%, then cycle I meeting II 72%, in cycle II meeting I 61%, cycle II meeting II 59%, continued in cycle III meeting I 55%, in cycle III meeting II reduced to 35%. There is a decrease in communication anxiety in each cycle so that assertive techniques with group guidance services can reduce students' communication anxiety.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Berkomunikasi, Teknik Asertive, Layanan Bimbingan Kelompok. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Khairunnisa |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 03:55 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |