SETIAWATI, APRILIYANA PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN OUTDOOR KEMAH ILMIAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN BIOLOGI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN OUTDOOR KEMAH ILMIAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN BIOLOGI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Setiawati, Apriliyana. 2018. Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Outdoor Kemah Ilmiah Berbasis Pendidikan Karakter dan Biologi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ir. Bambang Hariyadi.,M.Si., Ph.D Pembimbing (II) Dr.Dra. Evita Anggereini M.Si. Kata kunci : Buku Panduan, Pendidikan Karakter Salah satu kegiatan Program Studi Pendidikan Biologi adalah kegiatan outdoor kemah ilmiah mahasiswa. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan mahasiswa Pendidikan Biologi menjadi mahasiswa yang berkarakter dan dapat mempelajari biologi secara langsung terjun ke alam. Namun fakta di lapangan kegiatan ini belum menanamkan pendidikan karakter secara maksimal. Hal ini dikarenakan belum adanya panduan kegiatan yang secara khusus membahas setiap rincian dan nilai-nilai karakter yang akan ditanamkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Panduan Kegiatan Outdoor Kemah Ilmiah Berbasis Pendidikan Karakter yang disesuaikan dengan kegiatan Outdoor Kemah Ilmiah yang berbasis pendidikan karakter Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Validator terhadap produk ini terdiri dari validator media dan validator materi. Subjek ujicoba penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang telah mengikuti kegiatan Outdoor Kemah Ilmiah. Data hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 95% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 90% termasuk kategori sangat baik. Kemudian setelah validasi dilakukan ujicoba yaitu ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar. Ujicoba dilaksanakan kepada mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Biologi dengan subjek ujicoba 8 orang untuk ujicoba kelompok kecil dan 20 orang untuk kelompok besar. Tanggapan peserta didik terhadap buku panduan berbasis pendidikan karakter yaitu 81,87% untuk ujicoba kelompok kecil kategori sangat baik dan 90,41% untuk ujicoba kelompok besar kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tim ahli, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar maka Buku Panduan berbasis pendidikan karakter dianggap layak dari segi kualitas materi dan media. Dengan demikian, buku panduan berbasis pendidikan karakter yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai panduan dalam kegiatan kemah ilmiah mahasiswa biologi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | APRILIYANA SETIAWATI |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 02:12 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 02:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |