ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENCAPAI NILAI GOTONG ROYONG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

wahyu oktavianto, andry (2023) ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENCAPAI NILAI GOTONG ROYONG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_AndryWahyuOktavianto_A1D119010_fix (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Lembar persetujuan & pengesahan.pdf

Download (469kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Oktavianto, Andry W. 2023. Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. rer. nat. Drs. Asrial, M.Si., Pembimbing (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Penerapan Profil Pelajar Pancasila, Gotong royong, Pendidikan Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Profil pelajar Pancasila pada program guru penggerak sebagai penanaman dalam diri peserta didik suatu tingkat pemahaman, perilaku dan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila, yang menjadikan Pancasila tegak dan menjadi ideologi yang dipahami dan diterapkan oleh peserta didik saat ini. Salah satu dimensi karakter yang ada pada Profil Pelajar Pancasila yaitu gotong royong, gotog royong sebagai Profil pelajar Pancasila membimbing siswa untuk menjadi makhluk sosial dengan kerendahan hati untuk saling membantu sama lain. Metode penelitian dilakukan oleh peneliti dengan pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan,dan evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka pada indikator profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 198/I Pasar Baru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Profil pelajar Pancasila pada program guru penggerak menanamkan dalam diri peserta didik suatu tingkat pemahaman, perilaku dan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila, yang menjadikan Pancasila tegak dan menjadi ideologi yang dipahami dan diterapkan oleh peserta didik saat ini. Di dalam penerapan Profil Pelajar Pancasika ini guru memiliki beberapa tahapan dalam proses penerapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses penerapan Profil Pelajar Pancasila ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Profil Pelajar Pancasila, Gotong royong, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Oktavianto
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:57
Last Modified: 11 Sep 2023 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55569

Actions (login required)

View Item View Item