Uji Validitas Isi Modul Stortell De Mauvis (Storytelling dengan Media Audio Visual) Untuk Mendidik Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini

Sunita, Sunita (2023) Uji Validitas Isi Modul Stortell De Mauvis (Storytelling dengan Media Audio Visual) Untuk Mendidik Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
JUDUL&COVER.pdf

Download (242kB)
[img] Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

LATAR BELAKANG Usia dini merupakan usia yang krusial pada anak-anak dalam membentuk karakter mereka, maka dari itu diperlukannya pendidikan karakter yang baik terhadap anak usia dini, maka peneliti melakukan Uji Validitas Isi Modul Stortell De Mauvis (Storytelling Dengan Media Audio Visual) yang berguna untuk mendidik nilai karakter tanggung jawab pada anak usia dini METODE Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan uji validitas. Validasi yang dilakukan yaitu menilai validitas isi modul oleh validator yang ditentukan secara purposive. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif. HASIL Penelitian ini menunjukan hasil validasi isi modul yang dinilai oleh validator yaitu memiliki skor V bergerak dari 0,75 hingga 0.83. Hal ini menunjukkan bahwa modul stortell de mauvis memiliki isi yang baik dengan rentang skor diatas 0,50 dan membuktikan bahwa modul stortell de mauvis ini valid untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran guna memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait nilai karakter tanggung jawab pada anak usia dini. KESIMPULAN DAN SARAN Modul Stortell De Mauvis (Storytelling Dengan Media Audio Visual) untuk mendidik nilai karakter tanggung jawab pada anak usia dini dinyatakan valid secara isi. Dengan dilakukannya validitas isi, kegiatan modul diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran guna memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait nilai karakter tanggung jawab pada anak usia dini. BACKGROUND Early childhood is a critical stage in the formation of children's characters, emphasizing the need for effective character education for young children. Consequently, this study conducted a Content Validity Test of the Stortell De Mauvis Module (Storytelling with Audiovisual Media) designed to instill the value of responsibility in young children. METHOD This research used a descriptive study with a validity test. Content validation was conducted through assessment by validators which was determined purposively. Data analysis consisted of descriptive analysis. RESULTS The study revealed content validation results, assessed by validators, ranging from 0.75 to 0.83 (V score). This indicates that the Stortell De Mauvis module possesses strong content, with scores surpassing 0.50. It substantiates the module's validity for use as an educational resource to impart knowledge and understanding of the value of responsibility in early childhood. CONCLUSION AND SUGGESTION The Stortell De Mauvis Module (Storytelling with Audiovisual Media) for nurturing the value of responsibility in young children is deemed content-valid. With content validation completed, it is anticipated that this module can serve as a valuable educational tool to provide knowledge and comprehension of the value of responsibility in early childhood

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Anak usia dini, karakter, pendidikan karakter, Modul pembelajaran Keywords: Early childhood, character, character education, Learning Module
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: SUNITA
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:47
Last Modified: 09 Jul 2024 05:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56219

Actions (login required)

View Item View Item