Pengembangan Ensiklopedia Digital Jenis Manusia Purba Berbasis Flipping Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X MAN 1 Muaro Jambi

Mutiara, Mutiara (2023) Pengembangan Ensiklopedia Digital Jenis Manusia Purba Berbasis Flipping Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X MAN 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
SKRIPSI MUTIARA NIM A1A219066_compressed (1).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada penelitian yang dilakukan memiliki tujuan dalam mengembangkan ensiklopedia digital sebagai media pembelajaran materi jenis manusia purba dan meningkatkan motivasi belajar sejarah kelas X MAN 1 Muaro Jambi. Dalam mengetahui kelayakan media ensiklopedia digital dengan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media. Subjek pengembangan video pembelajaran sejarah diuji cobakan pada siswa kelas X 2 MAN 1 Muaro jambi sebanyak dengan uji coba kelompok kecil 5 siswa dan kelompok besar 24 siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada 28 November 2022 diketahui bahwa motivasi belajar sejarah siswa cukup rendah. Pengembangan ensiklopedia dengan menggunakan tahapan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk ahli materi dan ahli media, angket motivasi belajar. Analisis data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media dan ahli materi, untuk data kuantitatif berupa data penilaian media dan analisis peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil dari penelitian pengembangan ensiklopedia digital berbasis flippingbook telah memenuhi syarat dan layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Hal itu dilihat dari hasil validasi ahli materi dengan persentase 93,3% dikategorikan sangat baik dan validasi media dengan persentase 80% dan dikategorikan baik. Dari uji coba kelompok kecil yang berjumlah 5 orang siswa dengan persentase 78,33% dikategorikan cukup baik dan uji coba kelompok besar berjumlah 24 orang siswa dengan persentase 80,69% dikategorikan cukup baik serta pada hasil angket motivasi belajar kelas X 2 setelah penggunaan media diperoleh persentase 88,05% dikategorikan sangat baik. Dapat disimpulkan ensiklopedia digital berbasis flippingbook dengan pada hasil uji t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka media layak digunakan. Sejalan dengan hasil penelitian dan kesimpulan, maka disarankan kepada guru sejarah untuk menggunakan ensiklopedia digital berbasis flippingbook dalam proses pembelajaran, sehingga situasi pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariatif. Kata Kunci: Ensiklopedia Digital, Motivasi Belajar, Sejarah

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia Digital, Motivasi Belajar, Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mutiara
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:12
Last Modified: 06 Nov 2023 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57286

Actions (login required)

View Item View Item