Sinaga, Amelia (2023) PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS KAHOOT UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI (AMELIA SINAGA) - COVER.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (AMELIA SINAGA) - HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (AMELIA SINAGA) - BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (AMELIA SINAGA) - BAB V.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (AMELIA SINAGA) - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (AMELIA SINAGA) FULL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan pembelajaran sejarah yang ditemukan baik itu dari faktor eksternal maupun internal. Sistem pembelajaran sejarah dilakukan dengan sistem guru yang menjelaskan dan siswa yang mendengarkan, mencatat materi yang diberikan, dan ada juga yang hanya memberikan tugas lalu dikumpulkan. Masalah pembelajaran sejarah selanjutnya yang ditemukan adalah siswa kurang memperhatikan guru dalam mengajar, buku-buku materi yang tidak ada dan juga mata pelajaran sejarah ini sering dibuat pada saat jam terakhir yang membuat siswa mengantuk dan metode yang sering digunakan adalah metode ceramah sehingga sistem pembelajaran seperti ini yang selalu dianggap monoton oleh siswa dan tidak menyukai pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model cooperative learning berbasis kahoot untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA 6 Kota Jambi dan efektivitas model cooperative learning berbasis kahoot yang telah dikembangkan terhadap pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah yaitu: (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain produk), (3) Development (pengembangan produk), (4) Implementation (uji coba produk), dan (5) Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini dengan melakukan uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu pengembangan model pembelajaran cooperative learning berbasis kahoot yang telah diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah membawa dampak yang baik bagi guru dan bagi siswa. Siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran sejarah. Model pembelajaran cooperative learning berbasis kahoot baik diterapkan dalam pembelajaran sejarah di kelas. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian maka hal yang disarankan yaitu: (1) guru dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi dalam proses pembelajaran, (2) model pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dan media pembelajaran, (3) model pengembangan ini dapat digunakan oleh guru dan dapat diterapkan pada pembelajaran sejarah di kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Kahoot, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Sinaga |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:30 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |