Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakulikuler Rumah Tahfidz Di SMP N 7 Muaro Jambi

Kurniawan, Heldi (2023) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakulikuler Rumah Tahfidz Di SMP N 7 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
lembar pengesahan heldi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Skripsi a.n Heldi Kurniawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terdapat di lapangan di SMP N 7 Muaro Jambi adalah kurangnya minat menghapal, kurang dorongan orangtua, daya kosentrasi kurang, dan siswa mengalami kesulitan dalam menghafal Al-qur’an yang dikarenakan bacaan Al-qur’an siswa masih banyak belum baik. Sehingga menimbulkan suatu permasalahan pada guru agar kegiatan tersebut lebih berjalan dengan baik kedepannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler rumah tahfidz di SMP N 7 Muaro Jambi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kegiatan ektrakulikuler rumah tahfidz di SMP N 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan case study (studi kasus). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa siswi SMP N 7 Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan esktrakulikuler rumah tahfidz di SMP N 7 Muaro Jambi adalah melakukan perencanaan kegiatan rumah tahfidz, pelaksanaan kegiatan rumah tahfidz dan evaluasi kegiatan rumah tahfidz. Faktor pendukung adalah mempunyai cukup sumber daya manusia yang memadai, lingkungan sekolah yang terbilang kondusif, guru pembimbing yang mendukung dalam perannya membangun kegiatan tahfidz sekolah ini. Faktor penghambat adalah masih ada tenaga pendidik yang perlu ditingkatkan kompetensinya, faktor latar belakang siswa kendala seperti kurangnya siswa dalam menghapal tahfidz tentunya membuat pandangan masyarakat bahwa penilaian terhadap sekolah SMP N 7 Muaro Jambi menjadi kurang bagus ya karena diakibatkan oleh siswanya sendiri, kendala yang lainya adalah kita minim refleksi dan evaluasi sekolah. Hasil penelitian disarankan kepada kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ektrakulikuler rumah tahfidz melalui upaya atau strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah serta dukungan dari warga sekolah, orang tua murid dan siswa siswi SMP N 7 Muaro Jambi yang mendukung kepala sekolah dalam menjalankan program program unggulan sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: KURNIAWAN
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:53
Last Modified: 10 Jul 2024 05:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58033

Actions (login required)

View Item View Item