PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Suka, Stefany Ona Demisah Ginting (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (222kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI STEFANY ONA D.S.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan IPA tentang ekosistem pada siswa kelas V SDN 17 Kuala Tungkal ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SDN 17/V Kuala Tungkal yang berada di Kecamatan Tungkal Ilir Kota Jambi. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pengajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan jenis desain control group design. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui tes yang diberikan kepada siswa, tes yang diberikan berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilihat pada hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean post-test kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan menggunakan media diorama, dengan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan media pada buku teks. Hasil perhitungan mean post-test kelompok eksperimen sebesar 91.83, sedangkan mean post-test kelompok kontrol sebesar 48.22. Berdasarkan kriteria yang digunakan, mean post-test eksperimen berada pada kategori sangat baik, sedangkan mean post-test kontrol berada pada kategori sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 17/V Kuala Tungkal.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ginting.S
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:11
Last Modified: 14 Dec 2023 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58411

Actions (login required)

View Item View Item