Pengaruh media busy book terhadap perkembangan Keaksaraan anak kelompok B di tk negeri pembina kecamatan kumun debai kota sungai penuh

Febrina, Tri sindi (2023) Pengaruh media busy book terhadap perkembangan Keaksaraan anak kelompok B di tk negeri pembina kecamatan kumun debai kota sungai penuh. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan ttd .pdf

Download (186kB)
[img] Text
Skripsi_Sindi Tri Febrina_full (1).pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sindi Tri Febrina. 2023. “Pengaruh Media Busy Book Terhadap Perkembangan Keaksaraan Anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Kata Kunci: Media Busy Book, Perkembangan Keaksaraan Anak Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh, peneliti mengamati pada anak kelompok B bahwa terdapat 10 dari 13 anak pasif berbicara dan menulis saat di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari anak yang cenderung diam dan tidak mau mengutarakan pendapatnya meskipun hanya ungkapan sederhana, dalam kegiatan tanya jawab masih terdapat anak yang kurang fokus dengan perkataan guru. Berdasarkan permasalahan di atas bahwa masih rendahnya perkembangan keaksaraan pada anak, sehingga anak masih sulit menggunakan kosa kata yang baik saat mengungkapkan perasaanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Media Busy Book Terhadap Perkembangan Keaksaraan Anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Eksperimen yang akan dilaksanakan di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Penelitian ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agutus sampai dengan 16 September 2023. sampel dalam penelitian ini sejumlah 13 anak kelompok B yang akan diobservasi perkembangan bahasa pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Berdasarkan hasil setelah melaksanakan pada taraf signifikan α = 0,05, dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data tes awal di dapat L hitung 0,0983 yang < L tabel 0,234 sedangkan untuk data tes akhir didapat L hitung sebesar 0,1703 yang< L tabel 0,234. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal. bahwa semua data tes awal dan tes akhir memiliki Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok data memiliki variansi yang homogen. dan taraf signifikasi 5%, angka batas penolakan hipotesis nol dalam ttabel adalah 1.7823, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 21.0730, ternyata t > t dari angka batas penolakan hipotesis nol. Dengan demikian hipotesis nol diterima, hal ini berarti, terdapat pengaruh media busy book terhadap perkembangan keaksaraan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Febrina
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:28
Last Modified: 12 Dec 2023 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58663

Actions (login required)

View Item View Item