PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MELAKUKAN REVIEW JUJUR TERHADAP SUATU PRODUK BARANG DAN/ATAU JASA DI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

SIRAIT, VITRI (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MELAKUKAN REVIEW JUJUR TERHADAP SUATU PRODUK BARANG DAN/ATAU JASA DI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK VITRI NOVALIA SIRAIT.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 1 VITRI NOVALIA SIRAIT.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV VITRI NOVALIA SIRAIT.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Cover Vitri Novalia Sirait (B10019264).pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA VITRI NOVALIA SIRAIT.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Pengesahan vitri.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Vitri Novalia Sirait (B10019264) Skripsi fix (8) (1).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong adanya kemudahan akses bagi masyarakat atas suatu informasi di media sosial. Dengan menggunakan media sosial, konsumen juga dapat menyalurkan pendapat,kritik, dan saran mereka terhadap produk barang ataupun jasa yang dikonsumsinya kepada pelaku usaha dalam berbagai bentuk. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana batasan hak konsumen dalam melakukan review produk barang maupun jasa di media sosial, kemudian untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana perlindungan hukum yang diberikan bagi konsumen yang melakukan review jujur pada suatu produk barang maupun jasa di media sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.Bagaimanakah batasan hak konsumen dalam melakukan review produk barang mauapun jasa di media sosial. 2. Bagaimanakah perlindungan hukum yang diberikan bagi konsumen yang melakukan review jujur pada suatu produk barang atau jasa di media sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum normatif dengan menggunakan konsep dan pendekatan perundang-undangan serta menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan non hukum berupa literature dan perundangundangan yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi konsumen atas kebebasan berpendapat dalam melakukan review jujur sebuah jasa pada media sosial merupakan bagian dari hak asasi manusia, yang keberadaannya dilindungi oleh Pasal 4 huruf (d) UndangUndang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Deklarasi Universal HAM, Undang-Undang Nomor 39 Tentang Hak Asasi Manusia, dan Undang-Undang No.9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Pada Pasal 4 (d) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, yaitu dalam hal perlindungan kebebasan berpendapat konsumen dalam melakukan review sebuah jasa pada media sosial ini belum dapat menciptakan perwujudan perlindungan konsumen karena belum adanya batasanbatasan dalam melakukan review pada media sosial, sehingga dalam pasal ini menimbulkan kekaburan maka diperlukan adanya penyempurnaan pada pasal ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, Konsumen, Review, Media Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sirait
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:57
Last Modified: 12 Dec 2023 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58697

Actions (login required)

View Item View Item