ANALISIS PENERAPAN MODEL PJBL TERINTEGRASI CHEMOENTERPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SMA NEGERI 9 TEBO

Simarmata, Murliwati Desmin Desta (2023) ANALISIS PENERAPAN MODEL PJBL TERINTEGRASI CHEMOENTERPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SMA NEGERI 9 TEBO. S2 thesis, Magister Pendidikan Kimia.

[img] Text
TESIS_MURLIWATI_P2A821007_REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (205kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (941kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (282kB)

Abstract

Murliwati Desmin Desta Simarmata. 2023. Analisis Penerapan Model PjBL Terintegrasi Chemoentrepreneurship (CEP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Tebo. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Jambi. Pembimbing ke-1 Prof. Dr. rer.nat. Asrial, M.Si dan Pembimbing ke-2 Dr. Intan Lestari, S.Si.,M.Si. Kata Kunci: Hidrolisis garam, Kemampuan berpikir kreatif dan Model PjBL-CEP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model PjBL-CEP, implementasi model PjBL-CEP dalam melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Tebo dan untuk mengetahui korelasi antara tugas proyek dengan hasil tes soal kemampuan berpikir kreatif. Desain penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan sequential eksplanatory pretest-posttest only. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah total random sampling dimana sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes soal esai kemampuan berpikir kreatif, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis menggunakan analisis Miles & Huberman dan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara tugas proyek dengan nilai soal esai kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,43 dalam kategori cukup tinggi karna kemampuan berpikir kreatif mampu mempengaruhi produk dari hasil proyek yang dibuat oleh peserta didik, semakin baik kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki peserta didik, maka akan semakin bagus pula hasil produk yang diciptakan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keterlaksanaan model PjBL-CEP di setiap pertemuaan mengalami peningkatan hal ini ditandai dengan nilai N-Gain yang di dapat dengan katogeri tinggi. Pengaruh model PjBL-CEP cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik dan terdapat korelasi dengan katogeri sedang antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan tugas proyek pembuatan sabun.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: MURLIWATI DESMIN DESTA SIMARMATA
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:58
Last Modified: 29 Dec 2023 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59181

Actions (login required)

View Item View Item