PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PENILAIAN PSIKOMOTORIK DI UNIVERSITAS JAMBI

RAPIKA SINAGA, MAY PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PENILAIAN PSIKOMOTORIK DI UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PENILAIAN PSIKOMOTORIK DI UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover May.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Abstrak May Rapika Sinaga (RSA1C312006).pdf

Download (89kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Bab I May Rapika Sinaga (RSA1C312006).pdf

Download (272kB)
[img] Text
Bab V May Rapika Sinaga (RSA1C312006).pdf

Download (264kB)
[img] Text
Daftar Isi May Rapika Sinaga (RSA1C312006).pdf

Download (569kB)

Abstract

ABSTRAK Sinaga, May Rapika. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Kuliah Penilaian Hasil Belajar Fisika Materi Penilaian Psikomotorik di Universitas Jambi. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Menza Hendri, M.Pd., (II) Wawan Kurniawan, S.Si., M.Cs. Kata kunci : video, PHBF, psikomotorik, group investigation. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan Information and Communication Technology (ICT) di dunia pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar yang dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Salah satu pemanfaatan ICT tersebut adalah pengembangan video pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video pembelajaran dengan model pembelajaran group investigation pada mata kuliah penilaian hasil belajar fisika materi penilaian psikomotorik, (2) mengetahui persepsi mahasiswa terhadap video pembelajaran dengan model pembelajaran group investigation pada mata kuliah penilaian hasil belajar fisika materi penilaian psikomotorik. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck meliputi: (1) fase analisis kebutuhan, (2) fase desain, (3) fase pengembangan dan implementasi. Tahapan pengembangan yaitu menganalisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa, studi literatur, membuat rancangan media sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, membuat produk, kemudian validasi produk, revisi produk, implementasi produk dengan cara uji coba lapangan. Hasil pengembangan ini berupa media video pembelajaran dengan model pembelajaran group investigation pada mata kuliah penilaian hasil belajar fisika materi penilaian psikomotorik . Media ini di nyatakan layak digunakan setelah dilakukan validasi sebanyak 2 kali oleh validator ahli media dan ahli materi. Dari hasil uji coba kepada mahasiswa pendidikan fisika yang telah mengontrak mata kuliah penilaian hasil belajar fisika, didapatkan reliabilitas angket penelitian sebesar = 0.905 angka ini menunjukkan realibilitas sangat tinggi sehingga dapat dipercaya untuk mengambil data penelitian dan hasil uji coba untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap media yang dikembangkan didapatkan hasil untuk aspek fungsi dan manfaat sebesar 84% (Sangat Baik), aspek audio dan visual sebesar 81,33 % (Baik), serta aspek bahasa dan tulisan sebesar 83,33% (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media video pembelajaran fisika adalah baik dan video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada mata kuliah penilaian hasil belajar fisika materi penilaian psikomotorik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MAY RAPIKA SINAGA
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:51
Last Modified: 09 Nov 2018 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5928

Actions (login required)

View Item View Item