Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial Terhadap Pemahaman Etika Sosial Siswa di SMA Negeri 6 Kota Jambi

Wahidah, Viranti (2023) Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial Terhadap Pemahaman Etika Sosial Siswa di SMA Negeri 6 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN VIRANTI.pdf

Download (991kB)
[img] Text
SKRIPSI RANTI REVISI 5.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Layanan informasi merupakan suatu layanan dalam bimbingan dan konseling yang merupakan proses pemberian pemahaman dan pengetahuan baru kepada individu atau peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya. Pemberian layanan informasi yang diberikan kepada peserta didik mengenai etika sosial. Agar siswa dapat memahami tentang etika sosial dan menerapkan etika yang baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Oleh karena itu, peneliti memilih layanan informasi untuk menjadi pengaruhnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh dari pemberian layanan informasi bidang sosial terhadap pemahaman etika sosial siswa. Penelitian ini dibatasi pada layanan informasi dengan fungsi pemahaman. Etika sosial yang terdiri dari insting, pola dasar bawaan, adat istiadat dan kebiasaan, serta lingkungan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 122 siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan expost facto, untuk mengetahui adakah pengaruh dari variabel X (layanan informasi) terhadap variabel Y (etika sosial). Dari hasil penelitian didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa pemberian layanan informasi mempengaruhi etika sosial siswa sebesar 0,237 yang dapat dilihat pada table R square dengan kata lain dapat dibuktikan Thitung > Ttabel yaitu 7,573 > 6,098 yang dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun pada table coefficient menunjukkan nilai konstant = 56,893 dan nilai layanan informasi = 0,400, sehingga diperoleh persamaan regresi yakni Y= 56,893+0,400X. . Oleh karena itu, supaya etika sosial siswa semakin baik dan siswa makin memahami bagaimana cara beretika yang baik penulis menyarankan agar guru BK memberikan pemahaman lebih tidak melalui satu layanan saja melainkan menggunakan layanan-layanan lain yang ada dalam bimbingan konseling. Kata kunci: Layanan Informasi, Etika Sosial Information services are a service in guidance and counseling which is a process of providing new understanding and knowledge to individuals or students to develop their potential. Providing information services to students regarding ethics social. So that students can understand social ethics and apply ethics both in the school and community environment. Therefore, researchers choose an information service to be the influence. This research was conducted to find out whether there is an influence from providing field information services social impact on students' understanding of social ethics. This research is limited to information services with an understanding function. Social ethics consisting of instincts, innate archetypes, customs and habits and environment. The sample in this study consisted of 122 class students XI at SMA Negeri 6 Jambi City. By using a simple random technique sampling. This type of research uses a quantitative approach using ex post facto, to find out whether there is an influence from variable X (information services) to variable Y (social ethics). From the research results, a significant value of 0.000 was obtained shows that the provision of information services influences social ethics students amounted to 0.237 which can be seen in the R square table in other words It is proven that Tcount > Ttable is 7.573 > 6.098 which can be interpreted as H0 rejected and Ha accepted. The coefficient table shows constant values = 56.893 and information service value = 0.400, so we get the equation regression namely Y= 56.893+0.400X. . Therefore, so that students' social ethics getting better and students increasingly understanding how to have good ethics The author suggests that guidance and counseling teachers provide more understanding not through just one service but instead uses other existing services counseling guidance. Keywords: Information Services, Social Ethics

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Wahidah
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:25
Last Modified: 03 Jan 2024 07:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59333

Actions (login required)

View Item View Item