Aninda, Tiara Dwi (2023) Student Experiences of Participating in the Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Program: A Study of English Department Students at One University in Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Final_Tiara Dwi Aninda__A1B220076.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) |
Abstract
Di era modern yang ditandai dengan meluasnya akses teknologi dan informasi, siswa memerlukan kompetensi penting yang digariskan oleh Kemitraan untuk Pembelajaran Abad 21 (P21), termasuk keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Untuk menjawab tuntutan ini, program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) diperkenalkan di Indonesia, dengan fokus pada pendidikan tinggi yang mandiri dan berpusat pada siswa. Dalam lingkup MBKM, program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) memberikan mahasiswa pengalaman belajar dan kredit akademik yang beragam. Penelitian ini menggali pengalaman mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di PMM, dengan fokus pada adaptasi mereka terhadap pembelajaran online dan interaksi lintas budaya, dengan menyoroti tantangan sosial budaya. Studi yang menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif dengan sepuluh peserta melalui pertemuan Zoom dan wawancara semi terstruktur ini mengidentifikasi tiga tantangan utama, yaitu penyesuaian budaya terhadap lingkungan baru, kesulitan bahasa dan komunikasi, serta tantangan akademik yang semakin intensif akibat pandemi COVID-19. -19 pandemi. Peserta menerapkan tiga strategi penanggulangan, yang menekankan pendekatan adaptif, ketahanan, dan perawatan diri, yang melibatkan metode akademis, manajemen waktu, penggunaan teknologi, keterlibatan program, dukungan sejawat, dan kolaborasi. Temuan ini memberikan kontribusi wawasan untuk meningkatkan kegiatan MBKM di masa depan, memperkaya wacana pendidikan abad ke-21 dan pembelajaran yang berpusat pada siswa di pendidikan tinggi. In the modern era characterized by pervasive technology and information access, students need crucial competencies outlined by the Partnership for 21st Century Learning (P21), including critical thinking, creativity, communication, and collaboration skills. To address these demands, the Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) program was introduced in Indonesia, focusing on self-directed and student-centered higher education. Within the scope of MBKM, the Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) program provides students with diverse learning experiences and academic credits. This research delves into the experiences of English Department students in PMM, focusing on their adaptation to online learning and cross-cultural interactions, highlighting socio-cultural challenges. The study, utilizing a qualitative phenomenology approach with ten participants through Zoom meetings and semi-structured interviews, through the interviews it identifies three primary challenges, which are cultural adjustments to a new environment, language and communication difficulties, and academic challenges intensified by the COVID-19 pandemic. Participants employ three coping strategies, emphasizing adaptive approaches, resilience, and self-care, involving academic methods, time management, technology use, program engagement, peer support, and collaboration. The findings contribute insights for enhancing future MBKM activities, enriching the discourse on 21st-century education and student-centered learning in higher education.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Challenge |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | ANINDA |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:12 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |