Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Canva dan Fliphtml5 untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII SMP

Warni, Isma (2024) Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Canva dan Fliphtml5 untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
SKRIPSI_Isma Warni(A1C219032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Cover_Isma Warni_A1C219032.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Persetujuan Pengesahan_Isma Warni_A1C219032.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak_Isma Warni_A1C219032.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 1_Isma Warni_A1C219032.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 5_Isma Warni_A1C219032.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Isma Warni_A1C219032.pdf

Download (404kB)

Abstract

Warni, Isma. 2024. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Canva dan Fliphtml5 untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra.Sofnidar, M.Si. (II) Dra. Dewi Iriani M.Pd. Kata Kunci: E-modul, PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Literasi Matematis Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk berfikir kritis, diawali dengan kemampuan mengidentifikasi dan memahami masalah untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penggunaan e-modul dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. E-modul adalah sebuah bentuk penyajian bahan belajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran tertentu, yang disajikan dalam format elektronik. Ditambah dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), dimana PBL adalah salah satu model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mendeskripssikan kualitas hasil e-modul berbantuan canva dan fliphtml5 untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan memberi fokus pada aspek pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementations (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini, berdasarkan angket dan tes kemampuan literasi matematis. Kemudian menghasilkan e-modul berdasarkan kriteria kevalidan dari segi materi adalah 92% (sangat valid), dan tingkat kevalidan dari segi media 70,58% (cukup valid), tingkat kepraktisan oleh guru 91,76% (sangat praktis), dan tingkat kepraktisan oleh siswa 91,89% (sangat praktis), tingkat keefektifan oleh siswa 89,12% (sangat efektif) dan tes kemampuan literasi matematis siswa didapatkan nilai rata-rata N-gain 0,711545 dengan kriteria tinggi. Dengan 22 siswa memiliki kategori kemampuan literasi matematis tinggi, 9 siswa memiliki kemampuan literasi matematis sedang, dan 1 siswa memiliki kategori kemampuan literasi matematis rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan e-modul matematika berbasis PBL (Problem Based learning) berbantuan canva dan fliphtml5 dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Warni
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:45
Last Modified: 10 Jan 2024 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59882

Actions (login required)

View Item View Item