Pengembangan Media Mobile Learning Berilustrasi TTSM (Teka Teki Silang Matematika) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs

Riasmi, Faizah (2024) Pengembangan Media Mobile Learning Berilustrasi TTSM (Teka Teki Silang Matematika) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf

Download (11MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media mobile learning berilustrasi TTSM (Teka Teki Silang Matematika) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas VIII C MTsN 2 Kerinci.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa media mobile learning berilustrasi TTSM (Teka Teki Silang Matematika) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs berdasarkan segi kualitas yang meliputi valid, praktis dan efektif memperoleh tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 75% dengan kategori valid, dan pada aspek desain sebesar 89,06% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan dilihat dari angket praktikalitas oleh guru diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat praktis, dan tingkat kepraktisan dari angket praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 89,65% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektian berdasarkan hasil angket minat belajar diperoleh persentase sebesar 90,2% dengan kategori tinggi, serta dari hasil tes hasil belajar siswa, tingkat ketuntasan dan pemahaman siswa mencapai 100% dengan KKM 70. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari angket minat belajar dan tes hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa mobile learning dinyatakan sangat efektif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riasmi
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:18
Last Modified: 11 Jan 2024 03:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60028

Actions (login required)

View Item View Item