Pengaruh Soft Skill & Hard Skill Mahasiswa dalam Menghadapi Kesiapan Kerja dengan Efikasi diri sebagai Variabel Intervening

Volmer Sinaga, Juhari (2024) Pengaruh Soft Skill & Hard Skill Mahasiswa dalam Menghadapi Kesiapan Kerja dengan Efikasi diri sebagai Variabel Intervening. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I JU.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA JU.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB V JU.pdf

Download (768kB)
[img] Text
cover ju.pdf

Download (74kB)
[img] Text
lembar pengesahan juhari.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ju (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK Juhari Volmer.pdf

Download (14kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soft skill & hard skill mahasiswa dalam menghadapi kesiapan kerja dengan efikasi diri sebagai variabel intervening pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2019 di Universitas Jambi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Manajemen angkatan 2019 yang berjumlah 183 orang dengan sampel berjumlah 65 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisa data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM), dengan Partial Least Square (PLS) sebagai alat mengolahnya dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soft skill tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja, hard skill tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, hard skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, kemudian pada soft skill mampu memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam memediasi efikasi diri terhadap kesiapan kerja lalu pada hard skill mampu memberikan pengaruh positf dan signifikan dalam memediasi efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Pada soft skill mahasiswa terbukti masih mampu dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalah ataupun tugas yang sulit, begitu juga pada hard skill mahasiswa perlunya memiliki pengetahuan yang dilatih dalam jenjang pendidikan maupun teknologi yang bersifat teknis, Kesiapan Kerja pada mahasiswa juga perlu memahami pekerjaan yang menjadi keinginannya, serta pada Efikasi Diri perlunya mahasiswa dapat berfikir secara duniawi dengan menolak adanya stress maupu depresi. Kata Kunci : Soft Skill, Hard Skill, Kesiapan Kerja, dan Efikasi Diri Abstract This study aims to determine the effect of soft skills & hard skills of students in facing work readiness with self-efficacy as an intervening variable in undergraduate management study program students of the Faculty of Economics and Business class of 2019 at Jambi University. This type of research is quantitative research. The population in this study were all undergraduate Management Study Program students class of 2019 totaling 183 people with a sample of 65 people. Data was collected using a questionnaire. The data analysis method of this research is descriptive statistical analysis using the Structural Equation Model (SEM) technique, with Partial Least Square (PLS) as a processing tool using the SmartPLS program. The results of this study indicate that soft skills have no positive and insignificant effect on work readiness, hard skills have no positive and insignificant effect on work readiness, self-efficacy has a positive and significant effect on work readiness, soft skills have a positive and significant effect on self-efficacy, hard skills have a positive and significant effect on self-efficacy, then soft skills are able to have a positive and significant effect in mediating self-efficacy on work readiness then hard skills are able to have a positive and significant effect in mediating self-efficacy on work readiness. In soft skills, students are proven to still be able to identify and analyze problems or difficult tasks, as well as in hard skills, students need to have knowledge that is trained in education and technical technology, Work Readiness in students also need to understand the work they want, and in Self-Efficacy, students need to be able to think worldly by rejecting stress or depression. Keywords: Soft Skills, Hard Skills, Work Readiness, and Self-Efficacy

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: SINAGA
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:25
Last Modified: 24 Jun 2024 08:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60484

Actions (login required)

View Item View Item