IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI

MARYANI, SONIA IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (130kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
Image
Pengesahan.jpg

Download (157kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Maryani, Sonia. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri Se-Kota Jambi : Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Kuswanto, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang diterapkan pada aplikasi pembelajaran kurikulum 2013. Pendekatan ilmiah ini digunakan sebagai sudut pandang atau titik tolak oleh seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, pendekatan saintifik ini (scientific approach) merupakan proses pembelajaran berdasarkan metode ilmiah yang dikenal dengan istilah 5M yang meliputi kegiatan Mengamati (1M), menanya (2M), Mengumpulkan informasi (3M), Mengolah Informasi/ Asosiasi (4M) dan mengkomunikasikan (5M) maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Se-Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pendekatan Saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Se-Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian deskriptif kuantitatif dan subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sejarah di SMA Negeri Se-Kota Jambi, instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi pengamatan proses pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Se-Kota Jambi telah diimplementasikan oleh sebagian besar guru 65% dengan kategori sangat baik. 2) kegiatan mengamati telah diimplementasikan oleh sebagian besar guru sebanyak 70% dengan kategori sangat baik 3) kegiatan menanya telah diimplementasikan oleh sebagian besar guru 65% dengan kategori kurang baik 4) kegiatan mengumpulkan informasi telah diimplementasikan oleh sebagian besar guru sebanyak 65% dengan kategori sangat baik 5) kegiatan mengolah informasi/ Asosiasi diimplementasikan oleh sebagian besar guru 70% dengan kategori sangat baik 6) Kegiatan mengkomunikasikan telah diimplementasikan oleh sebagian besar guru 70% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah telah diimplementasikan oleh sebagian besar guru sejarah 65% dengan kategori sangat baik.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: SONIA MARYANI
Date Deposited: 23 Nov 2018 01:30
Last Modified: 23 Nov 2018 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item