Pengaruh Teknik Self-Management untuk Mengurangi Perilaku Agresivitas Verbal Siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi

Riska, Riska and Andi Yaksa, Rully and Gutji, Nelyahardi (2023) Pengaruh Teknik Self-Management untuk Mengurangi Perilaku Agresivitas Verbal Siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Cetak Keras.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cover Wangi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
CamScanner 01-16-2024 13.22.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (438kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih melakukan perilaku agresivitas verbal. Teknik self-management merupakan salah satu teknik yang ada dalam Konseling Behavioristik. Manajemen diri dengan baik terutama dari segi ucapan, pikiran dan emosional merupakan salah satu cara agar dapat mendorong diri pada penghindaran terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan perkembangannya, maka dari itu perlunya penanganan yang tepat untuk dapat mengurangi perilaku agresivitas verbal yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari teknik self-management untuk mengurangi perilaku agresivitas verbal siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 26 siswa menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik purposive sampling. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Data dianalisis dengan menggunakan Uji persentase, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perilaku agresivitas verbal siswa kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 31%, 2) perilaku agresivitas verbal siswa kelompok eksperimen sesudah diberikan perlakuan berada pada kategori rendah dengan persentase 27%. Hasil penelitian juga menunjukan hasil perhitungan diperoleh Thitung yaitu sebesar -3,483. Adapun nilai dari Ttabel dengan nilai Sig. (2- tailed) 0,05 yaitu sebesar 2,056. Dapat dihitung bahwa Thitung > Ttabel sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ke arah positif dari teknik self-management untuk mengurangi perilaku agresivitas verbal siswa. Dari hasil penelitian ini disarakan pada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain mengenai teknik self-management dan perilaku agresivitas verbal siswa yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self-Management Techniques, Verbal Aggressiveness
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Riska
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:46
Last Modified: 17 Jan 2024 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60642

Actions (login required)

View Item View Item