Hubungan Self-Esteem dengan Academic Burnout pada Peserta Didik SMPN 5 Kota Jambi

Sukasih, Asih Hubungan Self-Esteem dengan Academic Burnout pada Peserta Didik SMPN 5 Kota Jambi. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
SKRIPSI ASIH SUKASIH SUDAH SIAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ASIH SUKASIH A1E120038 TUGAS AKHIR-1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Pengesahan & Persetujuan Skripsi Asih.pdf

Download (876kB)
[img] Text
ASIH SUKASIH A1E120038 ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ASIH SUKASIH A1E120038 BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
ASIH SUKASIH A1E120038 BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
ASIH SUKASIH A1E120038 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
Official URL: https://rayyanjurnal.com/index.php/jetish/about

Abstract

Judul Skripsi : Hubungan Self-Esteem dengan Academic Burnout Pada Peserta Didik SMPN 5 Kota Jambi Nama : Asih Sukasih NIM : A1E120038 Dosen Pembimbing I : Dr. Yanto, S.Pd.,M.Ed. Dosen Pembimbing II : Freddi Sarman, M.Pd. Berdasarkan latar belakang permasalahan bahwa fenomena academic burnout pada peserta didik menjadi perhatian serius di Indonesia. Academic burnout merupakan sebuah keadaan yang dialami oleh individu akibat tuntutan akademik yang tinggi sehingga terjadi kelelahan, bersikap apatis terhadap akademik, dan adanya penurunan pencapaian akademik. Salah satu penyebab academic burnout ialah tidak adanya kepercayaan individu terhadap kemampuannya. Penelitian ini bertujuan mengemukakan adanya hubungan self-esteem dengan academic burnout peserta didik SMPN 5 Kota Jambi. Penelitian ini dibatasasi hanya pada academic burnout yang memiliki aspek Exhaustion, Cynicism, dan Reduced academic efficacy. Self-esteem yang terdiri dari competence dan worthiness. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 285 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa skala academic burnout dan skala self-esteem dengan pemilihan opsi jawaban menggunakan skala likert. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dalam hal ini jenis penelitian yakni korelasi menggunakan product moment dengan tujuan yakni untuk mengetahui adanya hubungan academic burnout dengan self-esteem. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara academic burnout dengan self-esteem yang bersifat negatif. Negatif dalam hal ini apabila tingkat self-esteem tinggi maka tingkat academic burnout rendah, dan sebaliknya. Perolehan analisis korelasi sebesar 0,573 yang masuk dalam kategori hubungan sedang atau memadai. Analisis persentase academic burnout didapat sebesar 58% yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan analisis self-esteem didapat sebesar 66,75% yang masuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian semakin tinggi self-esteem maka semakin rendah academic burnout peserta didik SMPN 5 Kota Jambi. Kata Kunci : Academic Burnout, Self-Esteem

Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Sukasih
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:37
Last Modified: 26 Feb 2024 04:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item