Yulita, Petra (2023) Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
PETRA YULITA PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
![]() |
Text
Hal pengesahan petra.pdf Download (335kB) |
Abstract
Kecemasan berbicara di depan umum dikenal sebagai communication apprehension. Orang yang aprehensif (prihatin atau takut) di dalam berkomunikasi akan menarik diri dari pergaulan, berusaha sekecil mungkin untuk berkomunikasi, dan akan berbicara jika terdesak saja. Kecemasan berbicara di depan umum dapat dialami oleh semua orang tak terkecuali pada siswa di sekolah. Salah satu faktor dalam menentukan berbicara di depan umum adalah rasa percaya diri dan kemampuan yang dimiliki setiap individu, percaya diri dan kemampuan individu sangat berkaitan erat dengan konsep diri. Penelitian ini dibatasi pada siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan umum yang disebabkan kurangnya percaya diri yg dimiliki individu. Dalam hal ini ialah konsep diri. Tujuan penelitian ini ialah 1. Untuk mengungkapkan seberapa besar tingkat konsep diri pada siswa kelas Fase E di SMA N 10 Kota Jambi, 2. Untuk mengungkapkan seberapa besar tingkat kecemasan berbicara didepan umum yang terjadi pada siswa kelas Fase E di SMA N 10 Kota Jambi, 3. Untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kecemasan berbicara didepan umum pada siswa kelas Fase E di SMA N 10 Kota Jambi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrument angket diuji dengan uji validitas dan realibitas. Data dikumpulkan dari 71 responden yang ditentukan dengan random sampling, kemudian data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum konsep diri berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase sebesar 65.59%, dan kecemasan berbicara di depan umum berada pada tingkat “sedang” dengan persentase sebesar 58,70%. Koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0, 472 dengan tafsiran pengaruh determinasi berada pada kriteria “cukup kuat” atau dengan persentase 47,2%. Public speaking anxiety is known as communication apprehension. People who are apprehensive (concerned or afraid) in communicating will withdraw from social interactions, make as little effort as possible to communicate, and will only speak when pressed. Everyone can experience anxiety about speaking in public, including students at school. One of the factors in determining public speaking is the self-confidence and abilities possessed by each individual. An individual's self-confidence and abilities are closely related to self-concept. This research is limited to students who experience public speaking anxiety due to a lack of individual self-confidence. In this case it is self-concept. The aims of this research are 1. To reveal the level of self-concept in Phase E class students at SMA N 10 Jambi City, 2. To reveal how high the level of public speaking anxiety occurs in Phase E class students at SMA N 10 Jambi City, 3. To determine the influence of self-concept on public speaking anxiety in Phase E class students at SMA N 10 Jambi City. The research carried out by researchers used a quantitative approach with survey methods, using data collection techniques in the form of questionnaire instruments tested with validity and reality tests. Data was collected from 71 respondents determined by random sampling, then the research data was processed using percentage techniques and simple regression analysis. The research results show that in general self-concept is at a "high" level with a percentage of 65.59%, and public speaking anxiety is at a "medium" level with a percentage of 58.70%. The coefficient of determination of variable.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Berbicara Di Depan Umum,Konsep Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yulita |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |