DESAIN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Rahma, Diva Armilda (2024) DESAIN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di SMP N 7 Muaro Jambi, hal ini didasari atas pernyataan pendidik saat dilakukan wawancara oleh peneliti bahwa kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran maupun pendekatan yang digunakan saat belajar. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan salah satunya melalui rancangan pembelajaran yang menerapkan media mobile learning berbasis moodle. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas produk berupa media pembelajaran mobile learning berbasis moodle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII SMP. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangaan ADDIE yang meliputi tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), and Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan desain, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada uji coba perorangan, serta seluruh siswa kelas VIII F yang berjumlah 26 orang siswa pada uji coba lapangan. Mobile learning didesain dengan menggunakan aplikasi canva, isi didalamnya memuat materi SPLDV. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-komik yang didesain telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil tingkat kevalidan dari segi materi adalah 97%(sangat valid) dan tingkat kevalidan dari segi desain adalah 96% (sangat valid). Kriteria kepraktisan e-komik matematika dilihat dari hasil angket praktikalitas e-komik oleh guru dan angket praktikalitas e-komik oleh siswa pada saat uji coba kelompok kecil. Tingkat kepraktisan oleh guru adalah 100% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 97,4% (sangat praktis). Kriteria terakhir adalah keefektifan, dimana kriteria efektif dilihat dari hasil angket efektifitas e-komik oleh siswa atau angket respon siswa dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Tingkat keefektifan berdasarkan angket respon siswa adalah 97,18% dengan kriteria sangat efektif dan berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis, 26 siswa mengalami peningkatan kemampuan berkategori tinggi dan atau sedang yang memiliki nilai N-Gain sebesar 66,43% dengan kategori tinggi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Berpikir Kreatif, Moodle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RAHMA
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:04
Last Modified: 08 Mar 2024 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61787

Actions (login required)

View Item View Item