Pedry, Ervina (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PERENCANAAN BISNIS UNTUK SISWA SMK NEGERI 1 MUARO JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
Tesis Ervina Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Ervina. 2024. “Pengembangan Video Pembelajaran Perencanaan Bisnis Siswa SMK Negeri 1 Muaro Jambi”. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Jambi. Tesis. Pembimbing (I) Dr. Sofyan, M.Pd. Pembimbing (II) Prof. Dr. Drs. Ilham, M.Kes. Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Perencanaan Bisnis. Lulusan SMK didorong untuk menjadi wirausahawan kreatif. Lulusan SMK akan menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam upaya mendapatkan pekerjaan. Untuk menumbuhkan minat berwirausaha siswa SMK perlu diberikan pembelajaran mengenai perencanaan bisnis, materi perencanaan bisnis ini dikemas dalam bentuk video pembelajaran agar pembelajaran dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, desain dan pengembangan video pembelajaran, menilai kelayakan video pembelajaran secara teori, konseptual dan praktik, mendeskripsikan respon teman sejawat dan mendeskripsikan kemenarikan video pembelajaran perencanaan bisnis pada siswa SMKN 1 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Subjek penelitian adalah siswa kelas X BDP di SMK Negeri 1 Muaro Jambi. Dalam perencanaan, desain dan pengembangan video pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Trollip dan Allesi (2001) dengan tahapan Planning, Designing, dan Developing. Untuk menilai produk secara teoritis dan konseptual maka diterapkan validasi ahli media dan ahli materi. Dan untuk melihat kelayakan secara praktik digunakan angket uji coba lapangan. Untuk melihat respon teman sejawat digunakan angket respon pendidik. Untuk kemenarikan video pembelajaran dilihat dari penilaian siswa melalui aspek-aspek yang dinilai pada angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan video pembelajaran perencanaan bisnis pada siswa SMKN 1 Muaro Jambi pada hasil validasi ahli materi 96% dengan kategori sangat layak. Dan hasil validasi ahli media 85% dengan kategori sangat layak. Dan respon pendidik diperoleh nilai 90% dengan kategori sangat layak. Kemudian uji coba lapangan diperoleh nilai 91.5% dengan kategori sangat tinggi. Sehingga video pembelajaran perencanaan bisnis layak digunakan oleh pada siswa SMKN 1 Muaro Jambi sebagai media pembelajaran. Dan video pembelajaran merupakan media pembelajaran yang menarik dengan perolehan nilai 89.7% pada aspek kemenarikan media pembelajaran. ABSTRACT Ervina. 2024. "Development of Business Planning Learning Videos for Students of SMK Negeri 1 Muaro Jambi". Jambi University Postgraduate Educational Technology Masters Study Program. Thesis. Supervisor (I) Dr. Sofyan, M.Pd. Supervisor (II) Prof. Dr. Drs. Ilham, M. Kes. Keywords: Development, Learning Videos, Business Planning Vocational school graduates are encouraged to become creative entrepreneurs. Vocational school graduates will face increasingly fierce competition in their efforts to find work. To foster interest in entrepreneurship, vocational school students need to be taught about business planning. This business planning material is packaged in the form of learning videos so that learning can achieve maximum results. The aim of this research is to describe the planning, design and development of learning videos, assess the theoretical, conceptual and practical feasibility of learning videos, describe the responses of peers and describe the attractiveness of business planning learning videos for students at SMKN 1 Muaro Jambi. The research method used is Research and Development. The research subjects were class X BDP students at SMK Negeri 1 Muaro Jambi. In planning, designing and developing this learning video, it refers to the Trollip and Allesi (2001) development model with the stages of Planning, Designing and Developing. To assess the product theoretically and conceptually, media expert and material expert validation is applied. And to see the feasibility in practice, a field trial questionnaire was used. To see colleagues' responses, an educator response questionnaire was used. The attractiveness of the learning video is seen from the student's assessment through the aspects assessed in the questionnaire. The research results showed that the feasibility test of the business planning learning video for students at SMKN 1 Muaro Jambi resulted in 96% material expert validation with the very feasible category. And the media expert validation results were 85% in the very feasible category. And the teacher's response was obtained with a score of 90% in the very appropriate category. Then the field trial obtained a score of 91.5% in the very high category. So the business planning learning video is suitable for use by students of SMKN 1 Muaro Jambi as a learning medium. And learning videos are an interesting learning media with a score of 89.7% in the attractiveness aspect of learning media.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Perencanaan Bisnis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Ervina |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 02:42 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 02:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |