Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Kependidikan dan Nonkependidikan Peserta Program Kampus Mengajar

B, Irene Jane Connery (2024) Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Kependidikan dan Nonkependidikan Peserta Program Kampus Mengajar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan implementasi Program Kampus Mengajar dengan fokus pada keterampilan dasar mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa kependidikan dan nonkependidikan di Kota Jambi. Subjek penelitian terdiri dari 4 mahasiswa yang berasal dari bidang studi kependidikan dan nonkependidika yang merupakan mahasiswa Program Kampus Mengajar 4 di Kota Jambi yang ditempatkan di SMP. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara dan studi dokumen. Menggunakan teknik analisis reduksi, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Selanjutnya menggunakan Triangulasi untuk menguji keabsahan data penelitian. Riset ini penting dilakukan untuk mengungkap dan mendeskripsikan problematik mahasiswa Pendidikan dan nonkependidikan dalam mengikuti program Kampus Mengajar yang orientasinya ditempatkan di satuan Pendidikan khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian menunjukkan, pada implementasi program kampus mengajar khususnya praktik mengajar mahasiswa memerlukan keterampilan dasar mengajar. Kemudian ditemukan adanya perbedaan kemampuan antara mahasiswa kependidikan dan Nonkependidika yang terjadi karena kurangnya pelatihan keterampilan dasar mengajar dan pengetahuan terkait pembelajaran pedagogik serta micro teaching. Selanjutnya kendala yang dialami mahasiswa kependidikan selama pemrograman yaitu kurangnya infastruktur sekolah yang menghambat mahasiswa dalam mengembangkan variasi belajar, kendala yang berbeda dialami oleh mahasiswa Nonkependidikan yang memiliki kendala dalam praktik mengajar dan konversi Mata Kuliah. Solusi yang ditemukan yaitu diperlukan adanya tes dan evaluasi yang digunakan untuk mengukur motivasi dan keseriusan mahasiswa, pembekalan praktik dasar mengajar, kejelasan konversi bagi setiap kampus yang mahasiswanya mengikuti Program Kampus Mengajar, dan sosialisasi lebih dalam terkait Praktik pelaksanaan Kampus Mengajar kepada lembaga-lembaga terkait.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampus Mengajar, Keterampilan dasar mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: B
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:52
Last Modified: 10 Jul 2024 02:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62028

Actions (login required)

View Item View Item