Pengembangan Instrumen Asesmen Portofolio Elektronik (APE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA

Alwi, T. Sy. Sakinah (2024) Pengembangan Instrumen Asesmen Portofolio Elektronik (APE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER & ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Asesmen portofolio adalah asesmen terhadap serangkaian dokumentasi karya yang disusun secara sistematik yang membuktikan upaya, proses dan hasil belajar serta kemajuan yang dilakukan siswa dalam jangka waktu tertentu. Asesmen portofolio merupakan salah satu contoh asesmen alternatif yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pencapaian dan perkembangan siswa berdasarkan hasil tugas dari waktu ke waktu secara menyeluruh baik aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen portofolio elektronik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam dengan mengetahui kelayakan secara konseptual dan procedural serta mendeskripsikan keterlaksanaan asesmen portofolio elektronik yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam. Pengembangan instrumen asesmen portofolio elektronik menggunakan metode Research and Development model 4D dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu define, design, develop, dan dessiminate dengan uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, lembar validasi, tugas, dan rubrik. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 10 orang siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri 13 Kota Jambi. Tugas yang dikembangkan dalam asesmen portofolio elektronik ini terdiri dari dua tugas yaitu rangkuman dan laporan praktikum. Hasil penelitian ini diperoleh dari ahli asesmen dengan rerata skor sebesar 4 dalam kategori Layak. Selanjutnya, diperoleh penilaian praktisi oleh guru kimia dengan rerata skor sebesar 4 dengan kategori Sangat Layak. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Instrumen Asesmen Portofolio Elektronik (APE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA layak digunakan secara konseptual dan prosedural. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen portofolio elektronik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi hidrolisis garam layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai salah satu asesmen alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Portfolio assessment is an assessment of a series of systematically organized work documentation that demonstrates students' efforts, processes, and learning outcomes as well as progress made within a certain period. Portfolio assessment is one example of an alternative assessment that can be used to determine the level of achievement and development of students based on task results over time comprehensively, covering aspects of knowledge, attitudes, and skills. This study aims to develop an electronic portfolio assessment instrument to improve students' critical thinking skills in the topic of salt hydrolysis by determining its conceptual and procedural feasibility and describing the implementation of the developed electronic portfolio assessment to enhance students' critical thinking skills in the topic of salt hydrolysis. The development of the electronic portfolio assessment instrument uses the Research and Development method with the 4D model and is carried out in four stages: define, design, develop, and disseminate, with small group trials. Research instruments used to collect data include interview guidelines, validation sheets, tasks, and rubrics. The participants in this study were 10 students of grade XI in one of the public high schools in Jambi City. The tasks developed in this electronic portfolio assessment consist of two tasks: summaries and laboratory reports. The results of this study were obtained from assessment experts with an average score of 4 in the category of "Fit." Furthermore, practitioner assessments were obtained from chemistry teachers with an average score of 4 in the "Very Fit" category. Based on the results obtained, it can be concluded that the Electronic Portfolio Assessment Instrument (APE) to Improve Students' Critical Thinking Skills in the Topic of Salt Hydrolysis for Grade XI of High School is suitable for conceptual and procedural use. Based on the results obtained, it can be concluded that the electronic portfolio assessment instrument to improve critical thinking skills in the topic of salt hydrolysis is suitable for conceptual and procedural use as one of the alternative assessments that can be used by teachers to enhance students' critical thinking skills.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Asesmen, Portofolio Elektronik, Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ALWI
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:30
Last Modified: 08 Sep 2025 08:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62039

Actions (login required)

View Item View Item