Pranata, Ardi (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMEBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMKN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL ARDI PRANATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (312kB) |
Abstract
Pranata, Ardi. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMKN 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. Drs. Yundi Fitrah, M. Hum. (2) Dr. Drs. Andiopenta Purba, M. Hum. Kata Kunci: kurikulum merdeka, pembelajaran Bahasa Indonesia Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMKN 1 Kota Jambi, serta kendala yang dihadapi pada penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMKN 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di di SMKN 1 Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMKN 1 Kota Jambi adalah positif atau baik, dimana aspek mulai dari diri sendiri yang menjadikan siswa lebih mandiri dalam belajar, aspek eksplorasi konsep sudah dilakuakn sesuai dengan alurnya dan sudah terbentuk dengan baik, ruang kolaborasi sudah terbentuk dengan baik, karena guru sudah membentuk kelompok kecil dalam pembelajaran, aspek demonstrasi kontekstual sudah berjalan dengan baik, dimana guru sudah memberikan tugas sesuai dengan materi yang dipelajari, aspek elaborasi pemahaman sudah terlaksana, dimana guru memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap siswa dalam pembelajaran, aspek koneksi antar materi sudah baik, serta aspek aksi nyata sudah baik, karena guru sudah memberikan tugas berbasis proyek dan siswa sudah mengerjakan tugas tersebut. Perangkat dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMKN 1 Kota Jambi sudah lengkap, seperti modul ajar, buku teks pelajaran, dan video pembelajaran yang telah disusun sesuai dengan tahapan dalam penyusunan modul. Penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMKN 1 Kota Jambi sudah ada yang berjalan dengan optimal dan adapula yang masih harus ditingkat. Adapun aspek yang sudah terlaksana dengan baik adalah aspek komunikasi, disposisi dan struktur organisasi, sedangkan aspek yang harus ditingkatkan adalah aspek sumber daya, terutama sumber daya anggaran dan fasilitas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum merdeka, pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Pranata |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 08:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |