Pengembangan Biogames Berbasis Permainan Tradisional Congklak Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Siswa SMA Kelas XI

Purnasari, Puput (2024) Pengembangan Biogames Berbasis Permainan Tradisional Congklak Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Siswa SMA Kelas XI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Puput Purnasari_A1C41920_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Dan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (2).pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (2).pdf

Download (416kB)
[img] Text
Bab 1 Puput.pdf

Download (880kB)
[img] Text
bab 5 puput.pdf

Download (273kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Media biogames merupakan salah satu cara agar siswa lebih tertarik dan memahami materi yang disampaikan. Siswa umumnya lebih cepat memahami materi pelajaran saat diajarkan dengan cara bermain. Penggunaan media pembelajaran yang terkait dengan permainan dapat lebih menarik perhatian siswa dalam memahami materi pembelajaran. Permainan tradisional congklak bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran. Permainan tradisional congklak terbuat dari bahan batu, kayu, plastik, spanduk dan merupakan salah satu hasil seni budaya yang patut untuk dilestarikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk biogames congklak pada materi sistem pernapasan untuk siswa di kelas XI SMA, (2) Untuk mengetahui kelayakan biogames tradisional congklak pada materi sistem pernapasan di kelas XI SMA, (3) Untuk mengetahui penilaian guru terhadap biogames tradisional congklak pada materi sistem pernapasan di kelas XI SMA, (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap biogames tradisional congklak pada materi sistem pernapasan di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Jambi dengan subjek satu orang guru biologi sebagai penilai dan pada kelas XI yang terbagi menjadi kelompok kecil berjumlah 6 orang dan kelompok besar berjumlah 20 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Validasi oleh ahli media dilakukan sebanyak 3 kali dengan hasil akhir persentase kualitas produk sebesar 96,42% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi oleh ahli materi dilakukan sebanyak 3 kali dengan hasil akhir persentase kualitas produk sebesar 85,71% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari guru mendapatkan persentase sebesar 89,28% dengan kategori “Sangat Baik”, respon siswa terhadap pengembangan biogames congklak pada materi sistem pernapasan mendapatkan hasil “Sangat Baik”. Terlihat dari persentase kualitas produk sebesar 89,16% untuk kelompok kecil dan 91,12% untuk kelompok besar dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Biogames berbasis permainan tradisional congklak layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Purnasari
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:18
Last Modified: 15 Mar 2024 07:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62097

Actions (login required)

View Item View Item