Identifikasi Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Al-Ikhlas Jambi

Mitria, Welly (2024) Identifikasi Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Al-Ikhlas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (63kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (53kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (74kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Skripsi WELI Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki perbedaan karakteristik sehingga hal tersebut berdampak kepada motivasi belajarnya. Hal ini tercermin dalam perilaku mereka, seperti : sering terlambat datang ke sekolah, tugas-tugas yang diberikan oleh guru tidak dilegkapi, dan cenderung menghindari tanggung jawab akademis. beberapa dari mereka bahkan terlihat kurang antusias terhadap pelajaran atau sekolah secara keseluruhan. Beberapa siswa bahkan menyatakan secara langsung bahwa mereka merasa tidak nyaman di dalam kelas dan sering kali keluar masuk selama jam pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kualitas motivasi belajar siswa di SMP Islam Al-Ikhlas Jambi tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari hasrat dan keinginan untuk melakukan kegiatan, untuk mengungkapkan kualitas motivasi belajar siswa di SMP Islam Al-Ikhlas Jambi tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari dorongan dan kebutuhan melakukan kegiatan, untuk mengungkapkan kualitas motivasi belajar siswa di SMP Islam Al-Ikhlas Jambi tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari harapan dan cita-cita. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Islam Al-Ikhlas Jambi dengan jumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus persentase. Hasil penelitian Identifikasi Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Al-Ikhlas Jambi berada pada tingkatan sedang yaitu “49%”. Kualitas Motivasi belajar siswa ditinjau dari hasrat dan keinginan untuk melakukan kegiatan, dilihat dari nilai persentase berada pada tingkat “sedang” yaitu (46%). Kualitas motivasi belajar siswa ditinjau dari dorongan dan kebutuhan melakukan kegiatan, dilihat dari nilai persentase berada pada tingkat “sedang” yaitu (52%). Kualitas motivasi belajar siswa ditinjau dari harapan dan cita-cita, dilihat dari nilai persentase berada pada tingkat “sedang” yaitu (51%).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MITRIA
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:22
Last Modified: 10 Jul 2024 08:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62535

Actions (login required)

View Item View Item