PENGEMBANGKAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN CANVA APPS PADA CANDI MUARO JAMBI UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR

OURALITA, SILVI (2024) PENGEMBANGKAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN CANVA APPS PADA CANDI MUARO JAMBI UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover-daftar lampiran.pdf

Download (682kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (206kB)
[img] Text
SILVI OURALITA_A1D120035_FULL SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
silvi halaman pengesahan20240403_04140057.pdf

Download (340kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur dari pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan canva apps pada candi muaro jambi untuk kelas III sekolah dasar, (2) mendeskripsikan tingkat kelayakan dari pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan canva apps pada candi muaro jambi untuk kelas III sekolah dasar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,Development, Implementation, Dan Evaluation). Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan masukan dari validator, ahli praktisi serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi materi, media, bahasa, angket respon praktisi/pendidik dan peserta didik.Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 10IV Kota Jambi, pada Januari-Februari 2024. Data Penelitian diperoleh melalui angket validasi yang ditujukan kepada validator ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik serta wawancara kepada pendidik dan peserta didik. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil validitas dan kepraktisan bahan ajar berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar yang dikembangkan menggunakan canva apps. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata (4,5) dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor dengan rata-rata (4,8) dengan kategori sangat valid,dan hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor dengan rata-rata (4,8) dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan bahan ajar dari angket respon pendidik dengan skor rata-rata 5 dalam kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 5 dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasisetnomatematika mengguanakan canva apps pada Candi Muaro Jambi untuk kelas III sekolah dasar sangat layak (sangat valid dan sangat praktis).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Etnomatematika, Candi Muaro Jambi, Canva Apps
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ouralita
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:47
Last Modified: 03 Apr 2024 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62689

Actions (login required)

View Item View Item