PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA HASIL RE-DESAIN BERDASARKAN PRINSIP REDUDANSI MAYER TERHADAP STUDENTS PERFORMANCE DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA

Fitria, Anisa and Muhammad, Damris and Siburian, Jodion (2024) PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA HASIL RE-DESAIN BERDASARKAN PRINSIP REDUDANSI MAYER TERHADAP STUDENTS PERFORMANCE DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover tesis.pdf

Download (65kB)
[img] Text
tesis full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (371kB)
[img] Text
abstrak tesis.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I TESIS.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V TESIS.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Perkembangan media pembelajaran saat ini sudah sangat beragam, terkhusus dengan adanya penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan telah membuat media pembelajaran berkembang pesat dan berbentuk multimedia, salah satunya multimedia PowerPoint. Meskipun PowerPoint merupakan alat yang umum digunakan dalam pengajaran, seringkali terjadi ketidaksesuaian antara desain multimedia pembelajaran yang digunakan dengan prinsip-prinsip efektif yang terbukti secara ilmiah. Dalam pengembangan pembelajaran multimedia, penting untuk menghilangkan elemen yang berlebihan dan tidak penting dalam multimedia untuk meningkatkan pemahaman dan performance siswa. Prinsip redudansi Mayer (Redudancy Principle) memberikan pedoman untuk mengoptimalkan multimedia dengan menghilangkan elemen yang tidak penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penerapan Multimedia Hasil Re-Desain berdasarkan Prinsip Redudansi Mayer terhadap Students Performance dalam Pembelajaran IPA dengan Memperhatikan Gaya Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif dengan model Quasi Eksperimen menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi pada tahun ajaran 2022/2023 dalam pembelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang berjumlah 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yang dilanjutkan dengan pengambilan sampel Simple random sampling untuk mengambil 4 kelas dan membaginya menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga sampel yang digunakan adalah sebanyak 2 kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen. Dalam penelitian ini instrument penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data antara lain yaitu 1) lembar observasi, 2) Angket Gaya belajar siswa, 3) instrument tes (tes tertulis berupa tes retensi dan tes transfer) serta 4) Angket Respon Guru dan siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik dengan aplikasi SPSS. data dianalisis dengan menggunakan ANCOVA dua arah dengan performance awal siswa sebagai kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja siswa yang menggunakan multimedia yang diredesain dan menerapkan prinsip redudansi secara signifikan berbeda dari kelompok kontrol [F(1,123) = 111.859, p < .001, ηp2= 0.476].

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: ANISA FITRIA
Date Deposited: 05 Apr 2024 07:44
Last Modified: 13 Jun 2024 13:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62905

Actions (login required)

View Item View Item