HIKMAH, NURUL (2024) KEPEMIMINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NURUL HIKMAH_A1D120008.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
pengesaham.pdf Download (191kB) |
Abstract
Hikmah, Nurul. 2024. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd., I., M. Ag. (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Sekolah Penggerak, Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi sekolah penggerak di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 198/I Pasar Baru pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah kepala sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi (sebagai data utama), wawancara dan studi dokumen (sebagai data penunjang). Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi sekolah penggerak di SD Negeri 198/I Pasar Baru, terkhususnya pada kepemimpinan sosial kepala sekolah sangat berpengaruh dalam implementasi sekolah penggerak. Terdapat tiga tahapan yaitu: (1) Perencanaan, dimulai dengan kepala sekolah melakukan sosialisasi, rapat, dan komunitas yang melibatkan guru, komite pembelajaran, pengawas serta pihak yang terkait lainnya. Menjalin kerja sama antara sekolah dan orang tua yang didukung dengan sosial kepala sekolah dilingkungan masyarakat dan keaktifan kepala sekolah dalam berbagai organisasi. (2) Pengorganisasian, kepala sekolah membentuk tim komite pembelajaran dalam membantu program sekolah penggerak dan membuat tim-tim lainnya untuk membagi tugas sesuai keahlian masing-masing. (3) Pengawasan, kepala sekolah melakukan monitoring dan mengadakan evaluasi setiap tahapan proses program sekolah penggerak serta mendatangkan para ahli dari Balai Guru Penggerak (BGP) selaku pelatihan dan pendampingan demi kelancaran setiap program yang dilaksanakan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan kepemimpinan sosial kepala sekolah SD Negeri 198/ I Pasar Baru telah mengupayakan yang terbaik dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui Program Sekolah Penggerak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Sekolah Penggerak, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Hikmah |
Date Deposited: | 02 May 2024 02:45 |
Last Modified: | 02 May 2024 02:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |