Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi

Siregar, Mahdalena Lasma (2024) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan MIPA, 14 (1). pp. 175-186. ISSN 2088-0294

[img] Text
Skripsi Mahdalena Lasma Siregar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (257kB)
[img] Text
hal persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB)
Official URL: https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1439

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran matematika adalah terbatasnya kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang lebih sesuai dengan tingkat pemahamannya terhadap suatu bahasa tertentu. Pemahaman dan pengusaan terhadap konsep adalah dasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika. Apabila seseorang telah memiliki kemampuan pemahaman terhadap konsep-konsep matematika, maka ia mampu untuk memecahkan masalah matematika. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu menjadikan pembelajaran lebih bermakna yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Model Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan informasi yang berupa konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam suatu proses mental, yang dilakukan melalui kegiatan percobaan sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi fungsi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 17 Kota Jambi kelas VIII.E tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah subjek sebanyak 24 orang. Instrumen penelitian berupa lembar soal tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan lembar pedoman wawancara . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan pemahaman konsep, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian melalui pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, soal tes kemampuan pemahaman konsep, dan wawancara, keduapuluhempat subjek memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam melakukan proses kemampuan pemahaman konsep, jika dilihat melalui lembar jawaban mereka. Diperoleh sebanyak 24 subjek yang melaksanakan tes kemampuan pemahaman konsep. Dimana dari 24 subjek ada 9 subjek yang memenuhi ketujuh indikator, ada 6 yang memenuhi enam indikator, ada 5 subjek yang memenuhi lima indikator, dan ada 4 subjek yang hanya memenuhi empat indikator.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIREGAR
Date Deposited: 21 May 2024 03:24
Last Modified: 21 May 2024 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63959

Actions (login required)

View Item View Item