PENGGUNAAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI

Sulasih, Endang (2024) PENGGUNAAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
PENGESAHAN ENDANG.pdf

Download (139kB)
[img] Text
SKRIPSI Endang Sulasih.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sulasih, Endang. 2024. Penggunaan Gadget dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd., (II) Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: gadget, pembelajaran, teknologi, siswa. Penggunaan teknologi pada hal ini gadget dalam konteks pendidikan telah menjadi topik yang semakin menarik perhatian para peneliti dan praktisi pendidikan. Pesatnya penggunaan gadget dalam pembelajaran siswa yang terkoneksi dengan jaringan internet diharapkan mampu menunjang aktivitas pembelajaran. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan gadget dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait penggunaan gadget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dalam pembelajaran telah menjadi bagian penting dari praktik pembelajaran di SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Guru menggunakan berbagai aplikasi dan sumber daya digital untuk mendukung pembelajaran di kelas, seperti menggunakan aplikasi multimedia berupa Canva, platform digital lainnya seperti Google, dan Whatsapp sebagai media komunikasi yang menjembatani proses komunikasi dalam pembelajaran siswa. Siswa merespons positif terhadap penggunaan gadget dalam pembelajaran, menganggapnya lebih menarik dan interaktif dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Guru dan siswa mampu menggunakan gadget dengan baik. Gadget digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, sarana belajar kolaboratif dan sebagai sumber belajar. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa tantangan yang dihadapi saat menggunakan gadget dalam pembelajaran, seperti keterbatasan aksesibilitas gadget bagi semua siswa dan tantangan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang lebih terencana dan dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah kepada guru mata pelajaran dalam mengintegrasikan gadget agar dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. ABSTRACT Sulasih, Endang. 2024. The Use of Gadgets in the Learning Process of Class VIII Students of SMP Negeri 8 Muaro Jambi: Thesis, Department of Social Science Education, FKIP Jambi University, Supervisor (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd., (II) Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. Keywords: gadgets, learning, technology, students. The use of technology in this case gadgets in the context of education has become a topic that has increasingly attracted the attention of educational researchers and practitioners. The rapid use of gadgets in student learning connected to the internet network is expected to support learning activities. However, excessive use of gadgets can have a negative impact. This study aims to explore the use of gadgets in the learning process of grade VIII students at SMP Negeri 8 Muaro Jambi. The research method used is qualitative with a case study approach. Data were collected through classroom observation, interviews with teachers and students, and document analysis related to gadget use. The results show that the use of gadgets in learning has become an important part of learning practices in SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Teachers use various applications and digital resources to support classroom learning, such as using multimedia applications in the form of Canva, other digital platforms such as Google, and Whatsapp as communication media that bridge the communication process in student learning. Students respond positively to the use of gadgets in learning, considering it more interesting and interactive than conventional learning methods. Teachers and students are able to use gadgets well. Gadgets are used as tools for communication, collaborative learning and as learning resources. Nevertheless, there are also some challenges faced when using gadgets in learning, such as limited accessibility of gadgets for all students and challenges in integrating technology into effective learning. Therefore, this study suggests the need for the development of more planned learning strategies and greater support from the school to subject teachers in integrating gadgets in order to improve the effectiveness of the learning process.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Sulasih
Date Deposited: 27 May 2024 07:07
Last Modified: 27 May 2024 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64095

Actions (login required)

View Item View Item