Disvia, Firstika Memoliana (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Disvia, Firstika Memoliana. 2024. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 11 Muaro Jambi: Skripsi, Prodi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd., (II) Andre Mustofa Meihan, M.Pd. Kata Kunci: implementasi, profil pelajar pancasila, pembentukan karakter, pembelajaran sejarah, sma negeri 11 muaro jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila pada pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran sejarah selas X sma negeri 11 muaro jambi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada semester ganjil 2022/2023. Data ini diperoleh melalui observasi dan wawancara sebagai data utama, serta dokumentasi sebgai data penunjang. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru sejarah, wakil kesiswaan, dan siswa kelas x. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Proses pembelajaran Sejarah kelas X SMA Negeri 11 Muaro Jambi sesuai Kurikulum Merdeka dengan CP, ATP, dan Modul Ajar yang memperhatikan Profil Pelajar Pancasila. Meski ada keterbatasan waktu, penggunaan teknologi dapat meningkatkan efektivitas. Namun, pembelajaran masih terbatas pada diskusi tanpa sumber daya sejarah langsung. Guru perlu mengevaluasi strategi pembelajaran dan memanfaatkan teknologi. Evaluasi dilakukan melalui asesmen formatif dan diagnostik untuk memantau perkembangan siswa. 2). Implementasi Profil Pelajar Pancasila, disimpulkan bahwa nilai-nilai beriman, bertakwa, berakhlak mulia, kebhinekaan global, gotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif telah diintegrasikan dalam pembelajaran Sejarah. Meskipun implementasi telah menghasilkan beberapa hasil positif, seperti pemahaman yang lebih dalam terhadap nilai-nilai tersebut, masih terdapat tantangan dalam meningkatkan partisipasi siswa Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan, termasuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih beragam, peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan sosial, dan peningkatan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Dengan demikian, implementasi Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat lebih efektif dalam membentuk karakter siswa secara menyeluruh dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan sebagaimana telah tercantum dalam kemendikbud, 2021 Dari hasil penelitian yang telah diperoleh, diharapkan bahwa siswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut mampu mempertahankan implementasi keenam dimensi profil pelajar Pancasila sebagai landasan pembentukan karakter melalui pembelajaran sejarah. Diharapkan, hasil penelitian ini akan memberikan manfaat yang berarti bagi penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, profil pelajar pancasila, pembentukan karakter, pembelajaran sejarah, sma negeri 11 muaro jambi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | DISVIA |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:37 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |