Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Sari, Ria Puspita (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I (3).pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis canva terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN 55/ I Sridadi Tahun Pelajaran 2023/2024 pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 55/I Sridadi tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi dan angket (kuesioner). Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara mengisi lembar observasi, dan memberikan lembar kuesioner berbentuk pernyataan kepada peserta didik. Observasi digunakan untuk memperoleh data berupa tingkat motivasi peserta didik dalam keterlaksanaan pembelajaran. Angket digunakan untuk memperoleh data berupa motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis canva. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis canva di kelas eksperimen SDN 55/I Sridadi berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis canva memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dilihat dari rata-rata nilai observasi akhir setelah pemberian perlakuan adalah 38,57 artinya lebih dari rata-rata nilai observasi awal sebelum pemberian perlakuan yakni sebesar 30,81 dibandingkan dengan kelas kontrol observasi awal mendapati rata-rata 33,24 dan sedikit meningkat pada observasi akhir yakni dengan rata-rata 33,95 dengan penerapan model konvensional yang tidak menggunakan treatment tertentu. Diperoleh hasil analisis nilai signifikansi dari tabel Coeficient sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Sedangkan berdasarkan nilai t, diketahui nilai thitung sebesar 6,793 > ttabel 2,093, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Maka keputusan akhir H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis canva memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran pendidikan pancasila SDN 55/I Sridadi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Video Animasi, Canva
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sari
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:28
Last Modified: 03 Jun 2024 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64270

Actions (login required)

View Item View Item