Febriyanti, Dwi (2024) Pengembangan Website Pembelajaran Diferensiasi Untuk Mengetahui Tingkat Kognitif Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (351kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan website pembelajaran diferensiasi, hasil validasi dan praktikalitas terhadap pengembangan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi bloom pada materi GLBB. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis (analyze), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Muaro Jambi pada Maret 2024. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket praktikalitas pada guru dan siswa sebagai uji coba produk serta pada validator ahli materi dan ahli media sebagai validasi dari produk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui observasi dan saran yang diberikan oleh validator ahli media dan ahli materi. Data kualitatif diperoleh dari skor angket validasi ahli media, validasi ahli materi serta hasil angket praktikalitas guru dan siswa. Hasil penelitian yaitu berupa website yang didesain dengan menggunakan exppres sebagai web server dan mongodb sebagai database, serta visual studio code sebagai editor dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript. Hasil validasi media yang dilakukan oleh ahli media diperoleh 94,86%. Berdasarkan pengujian media yang dilakukan dalam pengembangan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi bloom pada materi GLBB secara keseluruhan dapat dikategorikan “Sangat layak” sehingga dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil uji praktikalitas yang telah dilakukan oleh responden yaitu salah satu guru mata pelajaran fisika dan 30 siswa kelas XI F1B SMAN 11 Muaro Jambi didapatkan persentase sebesar 99,15% dan 78,25%. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka, pengembangan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi bloom pada materi GLBB secara keseluruhan dikategorikan “Sangat Praktis” dan “Praktis” sehingga dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran diferensiasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GLBB, pembelajaran diferensiasi, taksonomi bloom, website. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Febriyanti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |