Metriani, Leoni Putri (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 34/I TERATAI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (13MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (493kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN 34/I Teratai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 34/I Teratai dengan jumlah peserta didik 20 orang yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran IPAS di bab 6 topik B dan C. Upaya dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik menggunakan instrumen lembar observasi yang didasarkan pada kondisi awal dari keterampilan kolaborasi adalah 30 %, siklus 1 memperoleh persentase keberhasilan sebesar 50% dan siklus dua sebesar 85%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi, peserta didik yang dilihat dari peningkatan keterampilan kolaborasi sudah mencapai 70% Abstract: This research aims to describe the application of the Project Based Learning model to improve collaboration skills in class V students in science and science subjects at SDN 34/I Teratai. This research is classroom action research, which was carried out in two cycles, where each cycle was carried out in two meetings and consisted of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were class V students at SDN 34/I Teratai with a total of 20 students consisting of 10 male students and 10 female students. The data analysis techniques used are qualitative and quantitative. The results of this research show that the application of the project-based learning model can improve students' collaboration skills in science subjects in chapter 6 topics B and C. Efforts to improve students' collaboration skills using observation sheet instruments which are based on the initial conditions of collaboration skills are 30% , cycle 1 obtained a success percentage of 50%% and cycle two of 85%. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the application of the project-based learning model can improve collaboration skills, students who have seen an increase in collaboration skills have reached 70%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Kolaborasi, Mata Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Metriani |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:55 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |