Wandan Sari, Diaz (2024) Tindak Tutur Direktif Antara Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX-H SMP Negeri 14 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Wandan Sari, Diaz. 2024. Tindak Tutur Direktif Antara Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 14 Kota Jambi. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd. (2) Lusia Oktri Wini, M.Pd. Kata Kunci: Tindak Tutur Direktif, Tuturan Guru dan Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif antara guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX-H SMP Negeri 14 Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode deksriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik rekam dan simak percakapan spontan antara guru dan siswa yang kemudian dicatat dalam tabel pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 bentuk tindak tutur direktif yang ditemukan pada tuturan guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX-H SMP Negeri 14 Kota Jambi. Tindak tutur direktif yang paling dominan muncul pada tuturan tersebut yaitu tindak tutur direktif menyuruh sebanyak 26 tuturan. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu memahami bagaimana orang menggunakan bahasa untuk mengarahkan tindakan orang lain dalam berbagai konteks sosial, dapat membantu guru dalam memberikan instruksi yang efektif dan meningkatkan interaksi dengan siswa, serta dapat membantu memperluas wawasan dalam mengkaji ilmu pragmatik terutama pada lingkungan sekolah. ABSTRACT Wandan Sari, Diaz. 2024. Directive Speech Acts Between Teachers and Students in Class IX Indonesian Language Learning at SMP Negeri 14 Jambi City. Thesis, Indonesian Language and Literature Education Study Program, Department of Language and Literature Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Supervisor (1) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd. (2) Lusia Oktri Wini, M.Pd. Keywords: Directive Speech Acts, Teacher and Student Speech This research aims to describe directive speech acts between teachers and students in Indonesian language learning for class IX-H of SMP Negeri 14 Jambi City. The method used in this research is descriptive method with qualitative research type. Data was collected through recording techniques and listening to spontaneous conversations between teachers and students which were then recorded in the data collection table. The results of the research show that there are 5 forms of directive speech acts found in the speech of teachers and students in Indonesian language learning classes IX-H at SMP Negeri 14 Jambi City. The most dominant directive speech acts that appear in these utterances are the directive speech acts of ordering a total of 26 utterances. The implications of this research can help understand how people use language to direct other people's actions in various social contexts, can help teachers provide effective instruction and increase interactions with students, and can help broaden horizons in studying pragmatics, especially in the school environment.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:40 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |