Musyaddad, Muhammad (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KONTEN LOKAL JAMBI (GENDANG MELAYU) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. S1 thesis, Universitas Jambi.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
Skripsi Musyaddad (Autosaved).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini muncul dari minimnya pengetahuan kearifan lokal peserta didik, susahnya mengaplikasikan pengetahuan Fisika ke dalam kehidupan sehari-hari, serta penggunaan perangkat pembelajaran yang tidak efektif oleh pendidik di SMAN 2 Tanjung Jabung Barat. Pembelajaran Fisika yang selalu mengedepankan teori dan tidak kontekstual serta tidak menjadikan kearifan lokal sebagai sumber belajar membuat peserta didik belum mampu memaknai dengan benar pembelajaran dan tidak menerapkan ilmu pengetahuannya ke dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, diperlukan tujuan untuk dapat mengembangkan perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM dengan menggunakan konten lokal Jambi Gendang Melayu pada materi gelombang bunyi. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model 4D tetapi hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Validasi produk dilakukan oleh dua orang validator dan satu orang pendidik. Kamudian dilakukan penyebaran angket respons peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan ialah wawancara, angket validasi, dan angket respons peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan memperoleh nilai validitas sebesar 94,11%. Untuk validasi dari pendidik mendapatkan nilai sebesar 91,76%, yang berada pada kategori sangat baik tanpa perlu revisi serta siap untuk diimplementasikan. Sedangkan untuk LKPD, didapatkan nilai validitas sebesar 94%. Adapun untuk validasi oleh pendidik didapatkan persentase nilai sebesar 95% yang berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya untuk hasil penyebaran angket kepada peserta didik didapatkan persentase sebesar 86,50% yang berarti masuk ke kategori sangat baik dan dapat segera diimplementasikan di sekolah. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah dengan melakukan implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan serta mengembangkan lebih lanjut perangkat pembelajaran dengan konsep serupa tetapi menyesuaikan dengan kurikulum terbaru yakni kurikulum merdeka. The problem addressed in this study arises from the limited knowledge of local wisdom among students, the difficulty in applying physics knowledge to daily life, and the ineffective use of teaching tools by educators at SMAN 2 Tanjung Jabung Barat. Physics instruction, which predominantly emphasizes theory and lacks contextual relevance, fails to incorporate local wisdom as a learning resource, resulting in students' inability to correctly understand the lessons and apply their knowledge in real life. Therefore, this study aims to develop a Project-Based Learning (PjBL) integrated STEM instructional tool using local content, specifically Jambi Gendang Melayu, on the topic of sound waves. The development of this instructional tool employs the 4D model but is limited to the development stage. Product validation was conducted by two validators and one educator, followed by the distribution of student response questionnaires. The research instruments used included interviews, validation questionnaires, and student response questionnaires. The findings indicate that the developed lesson plan (RPP) achieved a validity score of 94.11%. Educator validation resulted in a score of 91.76%, categorized as excellent, requiring no revisions and ready for implementation. The student worksheet (LKPD) obtained a validity score of 94%, with educator validation yielding a score of 95%, also categorized as excellent. The student response questionnaire revealed a percentage of 86.50%, indicating an excellent category and readiness for immediate implementation in schools. Future research is advised to implement the developed instructional tools and further develop similar tools that align with the latest curriculum, namely the independent curriculum.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, PjBL, STEM, kearifan lokal, Gendang Melayu, gelombang bunyi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | MUSYADDAD |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:41 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64673 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KONTEN LOKAL JAMBI (GENDANG MELAYU) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KONTEN LOKAL JAMBI (GENDANG MELAYU) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. (deposited 07 Jun 2024 03:41) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |