Hutagaol, Haliza Khairiyah (2024) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB I.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB V.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI.pdf Download (397kB) |
Abstract
Kepercayaan diri adalah sebuah ekspresi atau ungkapan yang didasari rasa semangat dan mengesankan dalam diri individu untuk memperlihatkan adanya harga diri dan bagaimana seseorang memahami dirinya sendiri. Seseorang akan menerima masukan mengenai kemampuan yang dimilikinya dari teman sebaya dan akan mengevaluasi tentang apa yang ia lakukan berdasarkan penilaian dari teman sebayanya. Dukungan sosial yang diterima individu dapat menumbuhkan kepercayaan diri pribadi karena perasaan cinta, perhatian, dan penghargaan terhadap orang lain, sehingga dirinya merasa berharga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode expost-facto yang bertujuan untuk menemukan penyebab yang dapat merubah perilaku, gejala, ataupun fenomena yang diakibatkan suatu peristiwa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 431 siswa yang terdiri dari kelas XII IPA 1 – XII IPS 6 dan yang menjadi sampel penelitian ini berjumlah 208 siswa dengan penarikan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala pengukuran menggunakan skala likert, Data diolah menggunakan uji persentase dan analisis regresi sederhana lalu mengambil kesimpulan secara deduktif atau dari umum ke khusus. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa dukungan sosial teman sebaya pada siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase 68,5% sedangkan kepercayan diri siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 70,5%. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa nilai R Square yang diperoleh yakni 0,175 yang artinya variabel dukungan sosial teman sebaya (X) memberikan kontribusi terhadap variabel kepercayaan diri (Y) dan menunjukkan determinasi berada pada angka 0,175 atau 17,5%. Kriteria penafsiran pengaruh determinasi berada pada kategori cukup kuat. maka penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dukungan sosial teman sebaya (X) terhadap kepercayaan diri (Y). Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas penelitian disemua tingkatan pendidikan dan melibatkan faktor lain seperti bentuk fisik, status ekonomi, pendidikan dan kemampuan, keluarga dan pengalaman. Serta menjadi masukan bagi guru bimbingan dan konseling untuk dapat memperhatikan siswa dengan memberikan layanan yang tepat sehingga menumbuhkan kepercayaan diri siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kepercayaan Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Hutagaol |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |