Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEM Berbasis Konten Lokal Jambi (Gasingan) Pada Materi Dinamika Rotasi

Febriana, Nadilla (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEM Berbasis Konten Lokal Jambi (Gasingan) Pada Materi Dinamika Rotasi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (329kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi dari minimnya perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis konten lokal. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kelayakan produk dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis konten lokal gasingan materi dinamika rotasi. Pada penelitian ini menggunakan model 4D yaitu tahap define, tahap design, dan tahap develop dan tahap disseminate. Namu, dalam penelitian ini haya dilakukan sampai tahap develop. Validasi produk ini dilakukan oleh dua ahli dan satu tenaga pendidik mata pelajaran fisika SMAN 7 Tebo dan juga dilihat dari respon peserta didik dengan mengisi angket mengenai perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitiannya yaitu produk perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis konten lokal gasingan pada materi dinamika rotasi ini telah diuji kelayakannya oleh ahli validator I dengan nilai validasi 94% untuk modul ajar dan untuk LKPD sebesar 82% dan validator II dengan nilai 91% untuk modul ajar dan untuk LKPD 98%. Dan untuk validator III didapat nilai 91% untuk modul ajar dan 96% untuk LKPD. Respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis konten lokal gasingan pada materi dinamika rotasi memiliki kategori yang sangat baik dengan hasil respon sebesar 89,18%. This research was motivated by the lack of STEM-integrated PjBL learning tools based on local content. This study aims to determine the feasibility of the product and to determine the students' response to the local content-based STEM-integrated PjBL learning tool for rotational dynamics. In this study using the 4D model, namely the define stage, design stage, and develop stage and disseminate stage. However, in this study it was only carried out until the develop stage. Validation of this product was carried out by two experts and one educator of physics subjects of SMAN 7 Tebo and also seen from the response of students by filling out a questionnaire about the learning tools developed. The results of the research are that the product of STEM-integrated PjBL learning tools based on gasingan local content on rotational dynamics material has been tested for feasibility by expert validator I with a validation value of 94% for teaching modules and for LKPD by 82% and validator II with a value of 91% for teaching modules and for LKPD 98%. And for validator III, a value of 91% for teaching modules and 96% for LKPD was obtained. Students' response to the STEM-integrated PjBL learning tool based on gasingan local content on rotational dynamics material has a very good category with a response result of 89.18%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Local Content, Learning Tool, STEM Integrated PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: FEBRIANA
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:40
Last Modified: 07 Jun 2024 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64696

Actions (login required)

View Item View Item