Saputri, Effri Dwiyana (2024) PENGARUH PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Skripsi Effri Dwiyana Saputri)
Skripsi_Effri Dwiyana_Saputri.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Halaman Persetujuan)
Halaman persetujuan.pdf Download (993kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
Abstract
Program MBKM menghadirkan pembelajaran diperguruan tinggi, sehingga mahasiswa bisa melakukan problem solving dan meningkatkan soft skill pada diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu Program (MBKM) dan Problem Solving terhadap peningkatan Soft Skill pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program MBKM dan Problem Solving Terhadap Peningkatan Soft Skill Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi angkatan tahun 2020, 2021, dan 2022 sebanyak 296 mahasiswa dan diambil secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan google form. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan secara persial bahwa variabel Program MBKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan soft skill dengan nilai lebih besar dari 6,046 > 1,9842 dan nilai sig 0,00 < 0,05. secara persial variabel problem solving berpengaruh terhadap soft skill dengan nilai lebih kecil dari 0,05 atau 0,023 < 0,05 dan nilai > = 2,312 > 1,9842. Secara simultan Program MBKM dan problem solving terhadap peningkatan soft skill berpengaruh positif dan signifikan. Dengan nilai uji lebih besar dari yaitu 23,326 > 3,1 dan nilai sig lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh Program MBKM terhadap peningkatan soft skill. (2) terdapat pengaruh problem solving terhadap peningkatan soft skill. (3) terdapat peningkatan pada Program MBKM dan problem solving terhadap peningkatan soft skill. The MBKM program provides learning in higher education, so that students can solve problems and improve their soft skills. This research aims to describe the influence of each variable, namely Program (MBKM) and Problem Solving on improving Soft Skills in Economic Education Students at the Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. This research aims to determine the influence of the MBKM and Problem Solving Program on improving soft skills in economic education students at the Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. The population in this study was 296 Economic Education students at Jambi University class of 2020, 2021 and 2022 and was taken using purposive sampling. This research is research with a quantitative approach using the Ex-post Facto method. The data collection technique in this research uses Google Form. The data analysis technique used is descriptive statistics. Based on the research results, it shows that the MBKM Program variable has a positive and significant effect on improving soft skills with a value greater than 6.046 > 1.9842 and a sig value of 0.00 < 0.05. In particular, the problem solver variable influences soft skills with a value smaller than 0.05 or 0.023 < 0.05 and a value > = 2.312 > 1.9842. Simultaneously, the MBKM program and problem solving have a positive and significant effect on improving soft skills. With a test value greater than 23.326 > 3.1 and a sig value smaller than 0.05, namely 0.00 < 0.05. Based on the results obtained, it shows that (1) there is an influence of the MBKM Program on improving soft skills. (2) there is an influence of problem solving on improving soft skills. (3) there is an increase in the MBKM Program and problem solving towards improving soft skills.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Problem Solving, Peningkatan Soft Skill |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SAPUTRI |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:09 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |