Wirda, Aina (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung Al Falah Di Jambi Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan prosedur pengembangan, tingkat validitas, dan kepraktisan multimedia interaktif berbasis etnomatematika pada bangunan Masjid Agung Al-Falah di Jambi untuk materi bangun ruang kelas V sekolah dasar menggunakan aplikasi Lumio by SMART. Pendekatan yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan sangat valid dan praktis. Validasi oleh ahli desain mendapatkan skor 4,37 (sangat valid), validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,5 (sangat valid), validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,4 (sangat valid), dan validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 4,35 (sangat valid). Angket respon guru menunjukkan skor rata-rata 5 (sangat praktis), sedangkan angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan besar masing-masing memperoleh skor rata-rata 4,55 dan 4,52 (sangat valid). Dengan kesipulan, multimedia interaktif berbasis etnomatematika ini sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran bangun ruang kelas V sekolah dasar. This research aims to describe the development procedures, level of validity and practicality of ethnomathematics-based interactive multimedia in the Al-Falah Grand Mosque in Jambi building for class V elementary school building materials using the Lumio by SMART application. The approach applied is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model which includes analysis, design, development, implementation and evaluation. The research results show that the multimedia developed is very valid and practical. Validation by design experts got a score of 4.37 (very valid), material validation got an average score of 4.5 (very valid), validation by media experts got an average score of 4.4 (very valid), and validation by experts language obtained an average score of 4.35 (very valid). The teacher response questionnaire showed an average score of 5 (very practical), while the student response questionnaires in small and large group trials respectively obtained an average score of 4.55 and 4.52 (very valid). In conclusion, this ethnomathematics-based interactive multimedia is very valid and practical for use in class V elementary school classroom learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masjid Agung Al Falah di Jambi., Etnomatematika., Multimedia Interaktif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Wirda |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:19 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |