Meningkatkan Keterampilan Sosial dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya untuk Peserta Didik kelas IV SDN 80/1 Muara Bulian

Voseka, Revina (2024) Meningkatkan Keterampilan Sosial dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya untuk Peserta Didik kelas IV SDN 80/1 Muara Bulian. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (212kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Voseka, Revina. 2024. Meningkatkan Keterampilan Sosial dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya untuk Peserta Didik Kelas IV SDN 80/1 Muara Bulian. Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Khoirunnisa, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Discovery Learning, IPAS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan sosial untuk peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya SDN 80/1 Muara Bulian, Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas IV SDN 80/1 Muara Bulian. Penelitian Tindaka Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus dengan masing masing siklus 2 pertemuan dimana data yang diambil dari lembar observasi keterlaksanaan guru dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan lembar observasi keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan sosial pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil observasi awal penelitian terdapat bahwa di SDN 80/1 Muara Bulian di Kelas IV bahwa keterampilan sosial yang dimiliki oleh peserta didik masih rendah terlihat bahwa kurangnya kolaborasi atau kerjasama antar peserta didik dan masih banyak peserta didik yang melontarkan bahasa yang tidak sopan kepada temannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaan IPAS telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan sosial peserta didik. Pada awalnya, keterampilan sosial berada pada tingkat 56,42% pada siklus pertama, namun meningkat menjadi 76,22% pada siklus kedua. Perubahan dari siklus I ke siklus II terjadi ketika terlihat bahwa siswa dapat bekerja sama dengan baik, mampu untuk mengendalikan emosi nya serta mampu untuk menerima kritikan maupun saran dari temannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model Discovery Learning dalam pembelajaran IPAS telah berhasil meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Discovery Learning, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: VOSEKA
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:10
Last Modified: 12 Jun 2024 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64946

Actions (login required)

View Item View Item