STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Halimatussakdiah, Halimatussakdiah (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (46kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SKRIPSI HALIMATUSSAKDIAH_A1D120116 FINALL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (581kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS di SDN 42/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Kualitatif fenomenologi menjadi jenis pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan hal-hal, yakni strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS sudah dilakukan dengan hakikatnya, baik dari strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya peran penting dari kepala sekolah dan guru dalam mengupayakan strategi pembelajaran berdiferensiasi ini dapat berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan. Peneliti dapat menarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS ini dimulai dari tahap perencanaan dengan pemetaan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnostik yang dijadikan dasar untuk guru untuk mendesain pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk modul ajar. Selanjutnya, guru pada strategi pelaksanaannya meliputi diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Diferensiasi disini bukan berarti guru membedakan keseluruhan pembelajaran per setiap siswa, namun diferensiasi disini berarti guru mampu membuat rancangan pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar siswa dan siswa merasa nyaman dalam pembelajaran. Adapun strategi evaluasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan LKPD maupun soal tes. Pemberian umpan balik juga dilakukan guna dijadikan bahan refleksi dan evaluasi bagi guru untuk merancang pembelajaran selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran IPAS, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HALIMATUSSAKDIAH
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:23
Last Modified: 11 Jun 2024 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64971

Actions (login required)

View Item View Item