PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERILUSTRASI BUDAYA JAMBI MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Rinaldi, Aulia Fadhilah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERILUSTRASI BUDAYA JAMBI MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf

Download (10MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu media pembelajaran berbentuk Komik Matematika Berilustrasikan Budaya Jambi Menggunakan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMPN 9 Kota Jambi Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yakni Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas VII E SMPN 9 Kota Jambi pada uji coba perorangan, 9 orang siswa kelas VII E pada uji coba kelompok kecil, serta seluruh siswa kelas VII E SMPN 9 Kota Jambi yang berjumlah 30 orang pada uji coba lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa media pembelajaran komik matematika di desain menggunakan aplikasi ibis paint x dan canva, isi materi kesebangunan dan kekongruenan pada media pembelajaran komik matematika berilustrasi budaya Jambi menggunakan problem based learning ini orientasi masalah, mengorganisasi untuk belajar, bimbingan penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil, menganalisis dan mengevaluasi. Komik matematika yang di desain ini termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli materi yaitu 76%, dan desain diperoleh 82,3%. Hasil angket kepraktisan guru adalah 97% dan angket kepraktisan siswa adalah 89,8%. Lalu hasil efektifitas media pembelajaran komik matematika dengan angket minat belajar siswa melalui nilai N-Gain diperoleh hasil 56,85%, tes hasil belajar yaitu 83,3% dan lembar observasi siswa yaitu 90,8%. Dari perhitungan tersebut menunjukkan minat belajar siswa meningkan dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran komik matematika berilustrasi budaya Jambi menggunakan problem based learning. This research aims to produce and describe a learning media in the form of Mathematics Comic Illustrated with Jambi Culture using Problem Based Learning to Increase the Interest of 7th Grade Students of SMPN 9 Kota Jambi. This type of research is developmental research using the ADDIE development model, which consists of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research are Mathematics Education Program Lecturers at the University of Jambi as expert teams consisting of subject matter experts and design experts, 7th-grade mathematics teachers from SMPN 9 Kota Jambi in individual trial, 9 students from class VII E in small group trial, and all 30 students from class VII E SMPN 9 Kota Jambi in field trial. The research results obtained show that the mathematics comic learning media is designed using the ibis paint x and canva applications. The content of similarity and congruence material in mathematics comic learning media illustrated with Jambi culture using problem-based learning is problem-oriented, organized for learning, investigative guidance, development and presentation of results, analysis, and evaluation. This designed mathematics comic is considered valid, practical, and effective for use in learning. The validation results from subject matter experts are 76%, and for design, it is 82.3%. The practicality questionnaire results from teachers are 97%, and from students, it is 89.8%. Then, the effectiveness results of mathematics comic learning media in increasing students' learning interest through N-Gain values ​​obtained 56.85%, learning outcome test is 83.3%, and student observation sheets is 90.8%. These calculations indicate that students' learning interest increased compared to before using mathematics comic learning media illustrated with Jambi culture using problem-based learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Matematika, Budaya Jambi, Problem Based Learning, Minat Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RINALDI
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:49
Last Modified: 11 Jun 2024 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64997

Actions (login required)

View Item View Item