Hayati, Rizki (2024) Perbandingann Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Dengan Lembar Kerja Peserta Didik Cetak Di Smas Yadika Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
cover kertas wangi 2.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
PDF SKRIPSI_merged.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
pngesahan.pdf Download (116kB) |
Abstract
Pemberian pendidikan adalah salah satu bentuk dari memberikan peningkatan pada SDM. Dalam dunia pendidikan selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan sehingga dapat menghasilkan manusia yang berkualitas. Pendidikan juga tidak terlepas dari proses pembelajaran, dimana dalam melakukan proses pembelajaran dibutuhkan sebuah media pembelajaran untuk membangkitkan minat dan motivasi siswa. Media pembelajaran e-LKPD merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peredaan motivasi belajar siswa menggunakan e-LKPD dengan LKPD cetak, sehingga peneliti akan mengetahui media pembelajaran mana lebih memberikan peningkatan pada motivasi belajar siswa. sampel pada penelitian ini berjumlah 39 orang siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAS Yadika Jambi dimulai pada September 2023. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi (sebagai data pendukung), wawancara guru (sebagai data pendukung) dan penyebaran angket kepada siswa (sebagai data utama). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eskeprimen dengan desain Quasi Experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe posttest-only control group design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji independen menggunakan SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peredaan motivasi menggunakan e-LKPD dann LKPD cetak, terdapat berbandingan rata-rata kelas eksperimen (e-LKPD) sebesar 107 dan kelas kontrol (LKPD) sebesar 92. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (Sig. < 0,05 = 0,000 < 0,05) maka H1: “Terdapat Perbedaan Motivasi Belajar Menggunakan Media Pembelajaran E-LKPD Dengan LKPD Cetak di SMAS Yadika Jambi” dinyatakan diterima dan H0 ditolak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, LKPD Cetak, Motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Hayati |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 03:20 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |